Sudah Sembelit Pagi-Pagi, Kenali Beragam Sebab dan Cara Mengatasinya!

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 17 Oktober 2017 11:41 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 17 481 1796899 sudah-sembelit-pagi-pagi-kenali-beragam-sebab-dan-cara-mengatasinya-VgCB0N8SGd.jpg Ilustrasi (Foto: Medicalnewstoday)

FREKUENSI buang air besar bisa berbeda-beda pada setiap orang. Suatu ketika Anda bisa saja mengalami konstipasi alias sembelit. Apa sih penyebabnya?

Beberapa orang mungkin buang air kecil sekira dua hingga tiga kali sehari. Namun, ada saja orang yang mengalami gangguan konstipasi yang membuatnya tak nyaman.

(Baca Juga: Jelang Pernikahan Kahiyang Ayu, Hotel Bintang 5 Laris Dibooking)

Jika tidak ada buang air besar lebih dari tiga hari, maka itu harus menjadi perhatian. Tinja akan sulit keluar dari sistem pencernaan karena ada suatu hal.

(Baca Juga: Punya Lipatan Dagu? Pamerkan! Double Chin Kini Jadi Tren Selfie Kekinian)

Konstipasi biasanya menandakan gejala dari suatu penyakit pula. Maka, Anda harus bisa membedakan mana yang konstipasi karena gangguan pencernaan atau malah indikasi penyakit. Dilansir Boldsky, Selasa (17/10/2017), berikut adalah beberapa penyebab yang membuat Anda mengalaminya.

Kurang minum air

Dehidrasi adalah penyebab sembelit yang paling umum. Padahal air merupakan salah satu pelumas alami yang dapat memperlancar usus besar. Jika kekurangan air, usus akan bekerja ekstra untuk membuang kotoran. Sebaiknya, lakukan pencegahan dengan minum cukup air putih sekira 8 gelas sehari.

(Baca Juga: Sakit Hati Dicampakkan, Wanita Ini Nekat Tenggelamkan Mobil Mewah Mantan Pacar)

Konsumsi makanan kaya lemak

Makanan yang tinggi kandungan lemaknya bisa menyebabkan konstipasi. Lemak sangat sulit dicerna oleh usus dalam waktu cepat, dibandingkan Anda konsumsi sumber protein. Bahkan, makanan berlemak juga bisa dicerna dalam waktu berhari-hari. Karena itu, batasi makanan sumber lemak dalam sehari, untuk mencegah terjadinya konstipasi parah.

Kelebihan minum alkohol

Minuman beralkohol menyebabkan dehidrasi dan dapat menekan metabolisme glukosa. Hal ini menyebabkan berkurangnya fungsi sistem saraf pusat dan perifer yang dapat menyebabkan sembelit kronis. Selain itu, terjadi pula kekurangan kadar kalium dan sodium dalam tinja. Akibatnya, Anda mudah mengalami sembelit yang seharusnya bisa dicegah.

(Baca Juga: Kabar Gembira! Minum Kopi Bikin Mr P Tak Loyo Lagi)

Kelebihan asupan kafein

Kafein dapat menyebabkan sembelit karena bersifat diuretik. Anda yang terlalu banyak konsumsi minuman berkafein dapat mengalami dehidrasi. Sehingga, usus besar menyerap terlalu banyak uap air dari kotoran, lalu menyebabkan tinja menjadi kering dan keras. Batasi konsumsi minuman teh dan kopi dalam sehari untuk mencegah sembelit.

Obat-obatan

Obat tertentu bisa menyebabkan sembelit, termasuk jenis antasida, penghilang rasa sakit, antidepresan dan obat-obatan yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan kondisi kardiovaskular tertentu. Beberapa obat ini juga bersifat sangat diuretik yang menyebabkan dehidrasi berat. Akibatnya, gerakan usus menjadi tidak lancar dan jadilah sembelit.

Untuk mencegah risiko sembelit, dalam sehari Anda harus melakukan beberapa tips berikut yang sederhana. Seperti apa ya?

Sertakan makanan kaya serat

Makanan kaya serat mengandung serat larut dan tidak larut dalam berbagai proporsi. Didapatkannya dari sayur dan buah supaya meredakan masalah sembelit itu. Dalam sehari pastikan Anda makan sayur atau buah dalam porsi yang cukup untuk mencegah gangguan pencernaan.

Meningkatkan asupan cairan

Minum air putih banyak adalah obat terbaik untuk mengatasi masalah sembelit. Karena konstipasi dan dehidrasi saling terkait secara langsung. Jadi, bila banyak air dikonsumsi, maka usus besar menyerap lebih sedikit air dari tinja, buang air besar menjadi lancar dan aktivitas tetap nyaman.

Olahraga

Olahraga dapat membantu untuk membebaskan kita dari masalah sembelit. Salah satu yang paling sederhana dan mudah dilakukan yakni jalan kaki sekira 10-15 menit. Gerakan usus menjadi lancar dan dapat meningkatkan fungsinya dengan baik.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini