Bayi Perempuan yang Lahir dari Operasi Caesar, Kelak Memiliki Kemungkinan 2,8 Kali Lipat Melahirkan dengan Cara yang Sama

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 17 Oktober 2017 15:53 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 17 481 1797099 bayi-perempuan-yang-lahir-dari-operasi-caesar-kelak-memiliki-kemungkinan-2-8-kali-lipat-melahirkan-dengan-cara-yang-sama-ZuuUybcBUz.jpg

KETIKA waktu melahirkan tiba, ada dua cara yang bisa dipilih oleh perempuan yaitu persalinan normal atau operasi caesar. Keduanya tetap memiliki risiko masing-masing. Akan tetapi, dalam kondisi tertentu operasi caesar merupakan pilihan utama untuk menyelamatkan ibu maupun bayi.

Tapi tahukah Anda, bayi perempuan yang dilahirkan melalui operasi caesar memiliki kemungkinan hampir tiga kali lipat untuk melahirkan dengan cara yang sama. Hal ini terjadi lantaran mereka memiliki kondisi yang sama dengan ibunya yaitu disfungsi eroplasma. Fakta ini diungkapkan oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Wina.

Dalam penelitian itu, para periset mempercayai dugaan operasi caesar menghambat seleksi alam untuk melahirkan normal. "Kami memang menemukan penelitian lain tentang risiko peningkatan operasi caesar pada perempuan yang dilahirkan dengan cara serupa dibanding mereka yang lahir lewat persalinan normal. Dari penelitian yang kami lakukan, penyebabnya adalah disfungsi eroplasma," tutur penulis utama penelitian, Dr Philipp Mitteroecker seperti yang dikutip dari Daily Mail, Selasa (17/10/2017).

Disfungsi eroplasma adalah ketidakmampuan bayi untuk dilahirkan secara normal lantaran panggul ibunya kecil atau bobot tubuh bayi yang terlampau besar. Kondisi ini sebenarnya bisa diatasi dengan menyingkirkan gen yang menyebabkan disfungsi eroplasma. Namun operasi caesar menghambat penyingkiran gen tersebut.

BACA JUGA:

Kabar Gembira! Minum Kopi Bikin Mr P Tak Loyo Lagi

Sudah Sembelit Pagi-Pagi, Kenali Beragam Sebab dan Cara Mengatasinya!

Ingin Terlihat Awet Muda? Santap 5 Makanan Ini Cegah Munculnya Keriput

Selain Bergizi, Rajin Makan Delima dan Blueberry Bikin Wajah Awet Muda Lho


Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah ibu yang melahirkan dengan cara operasi caesar telah meningkat sebanyak 20%. Ada beberapa risiko yang harus Anda ketahui jika memilih cara melahirkan ini. Risiko tersebut antara lain terkena infeksi, kehilangan darah, dan gumpalan darah yang berlebihan di paru-paru atau kaki. Selain itu, anestesi yang diberikan selama operasi dapat menyebabkan mual, muntah, dan sakit kepala.

Apapun proses melahirkan yang nantinya akanĀ  dipilih oleh ibu hamil, mereka tetap harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengikuti kelas ibu hamil. Di kelas itu banyak pelajaran yang bisa diambil. Mulai dari membuat tubuh rileks, senam hamil, hingga tips menghadapi proses melahirkan.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini