Awas, Tunda Kehamilan Hingga Usia 35 Tahun Berisiko Idap Kanker Payudara

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 17 Oktober 2017 17:38 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 17 481 1797121 awas-tunda-kehamilan-hingga-usia-35-tahun-berisiko-idap-kanker-payudara-tIfqgmCub1.jpg Kanker payudara (Foto: Consumer Affairs)

WANITA jangan coba-coba untuk menunda kehamilan hingga usia mencapai 30 tahunan. Selain mengganggu kesuburan alias sulit hamil, Anda juga berada pada risiko mengalami kanker payudara.

Kanker payudara merupakan kondisi penyakit kronis yang ditakuti oleh wanita. Akan tetapi, Anda bisa mencegahnya supaya tak berdampak buruk.

BACA JUGA:

Penyakit ganas ini berdampak buruk pada wanita, karena memicu kematian nomor satu dari jenis kanker lainnya. Nah, setiap bulan sebenarnya Anda dapat melakukan deteksi dini dengan cara periksa payudara sendiri (Sadari).

Anda bisa melakukan teknik Sadari setelah 7 hari waktu menstruasi. Cukup dengan meraba payudara sendiri untuk melihat apakah ada benjolan dan gejala payudara awal lainnya.

Sayang, belum banyak wanita sadar untuk melakukan deteksi dini. Di sisi lain, Anda juga dapat meminta tenaga medis untuk cek payudara dengan mamografi.

Sayangnya, saat ini banyak wanita yang sengaja terlambat menikah untuk mengejar karir. Belum lagi, mereka menunda usia memiliki anak.

Risikonya cukup besar memicu kanker payudara loh. Semakin tua usia, hormon estrogen berkurang. Bila kehabisan hormon tersebut, Anda sangat berisiko menderita penyakit mematikan itu.

Sementara jika wanita telah melahirkan, kemungkinan besar dapat menurunkan risiko kanker kanker payudara sebesar 30%. Dr Bhavin Shah, seorang ahli onkologi mengatakan, wanita yang terlambat punya anak memiliki faktor risiko meningkatkan kanker payudara.

Untuk menghindari risiko tersebut, tentu Anda harus merencanakan kehamilan di usia yang tepat. Saran para ahli, seorang wanita rentan melahirkan anak pertama rentang usia 25-30 tahun.

Kalau lewat dari usia 30 tahun, dampaknya sangat buruk bagi Anda. Banyak pula risiko komplikasi lainnya bila Anda menunda kehamilan.

BACA JUGA:

Wanita sangat rentan menderita diabetes gestational, hipertensi dan risiko lainnya. Otomatis janin Anda lahir dengan sejumlah risiko berbahaya. Demikian dilansir Thehealthsite, Selasa (17/10/2017).

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini