nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Nyaman dan Aman Gunakan Pantyliner atau Pembalut Wanita? Ini Tips Dokter

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Selasa 17 Oktober 2017 21:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 17 481 1797373 ingin-nyaman-dan-aman-gunakan-pantyliner-atau-pembalut-wanita-ini-tips-dokter-NNOxxUHUKN.jpg

BANYAK wanita ingin mengatasi keputihan dengan menggunakan pantyliner setiap hari. Padahal, hal ini sangat tidak disarankan oleh para dokter.

Penggunaan pantyliner dengan bahan yang tidak nyaman dan digunakan setiap hari dapat menimbulkan iritasi pada bagian kewanitaan. Karena itu, dokter menyarankan wanita untuk menggunakan pantyliner hanya ketika benar-benar dibutuhkan.

"Pantyliner adalah second choice kalau tidak bisa sering ganti celana dalam. Tapi kalau memungkinkan sering mengganti celana dalam saja," ujar Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan, dr. Rino Bonti Tri Hadma Shanti SpOG saat ditemui di Jakarta Selatan, Senin 16 Oktober 2017.

Lalu bagaimana cara aman memilih pantyliner? Dokter Bonti menyarankan agar Anda memilih bahan yang tidak iritatif, yaitu yang lembut seperti katun asli.

"Cari yang bagus, lembut, dari katun asli. Bukan seperti plastik, cari yang bagus," jelas dr. Bonti.

Meski demikian, dr. Bonti menyarankan agar sebaiknya wanita menggunakan celana dalam berbahan katun yang dapat menyerap keringat. Selain itu, Anda juga harus kerap menggantinya agar tak membuat area kewanitaan menjadi lembab yang artinya akan menjadi sarang bakteri.

"Boleh pakai pantyliner tapi setiap tiga atau empat jam diganti. Jangan lama-lama," ujarnya.

Sama halnya dengan pantyliner, menggunakan pembalut juga harus
memperhatikan bahan dan keamanannya. Seperti pantyliner, Anda harus mencari pembalut yang berbahan lembut.

BACA JUGA:

Kabar Gembira! Minum Kopi Bikin Mr P Tak Loyo Lagi

Sudah Sembelit Pagi-Pagi, Kenali Beragam Sebab dan Cara Mengatasinya!

Ingin Terlihat Awet Muda? Santap 5 Makanan Ini Cegah Munculnya Keriput

Selain Bergizi, Rajin Makan Delima dan Blueberry Bikin Wajah Awet Muda Lho

"Sekarang banyak yang mengandung bahan kimia seperti pemutih, dan bahan plastik bikinĀ  iritasi. Biasanya kalau dipakai terasa gatal itu tidak bagus," ujar dokter yang sehari-harinya praktik di RSIA Bunda Menteng.

Selain itu, lanjut dr. Bonti, hindarilah pembalut yang menggunakan pewangi buatan. Namun yang paling penting adalah yang bahannya cocok dengan Anda dan tidak menimbulkan iritasi.


"Begitu tidak cocok sama pembalut itu ganti merek lain. Sekarang ada yang bahannya bagus bukan recycle paper. Tapi harganya lebih mahal dan tidak dijual di pasaran," pungkas dr. Bonti.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini