Tutorial Hijab Syar'i Sesuai Syariat dalam Alquran

Vessy Frizona, Jurnalis · Kamis 19 Oktober 2017 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 18 196 1798119 tutorial-hijab-syar-i-sesuai-syariat-dalam-alquran-nyIjM85xj5.jpg Ilustrasi hijab (Foto: PBS)

JUMLAH wanita berhijab kian hari semakin bertambah. Semua itu tak lepas dari hidayah yang datang dan inspirasi dari selebriti atau publik figur yang telah menutup aurat.

Inspirasi berhijab pun semakin kaya dengan munculnya model-model hijab yang fashionable. Mulai dari hijab Turki, hijab lilit, dan hijab office style. Semua itu mendorong wanita muslim ingin berhijab namun tetap stylish.

 BACA JUGA:

Di tengah banyaknya model dan tutorial hijab yang dipamerkan, muncul beragam tutorial video membuat model hijab kemudian diikuti banyak orang. Namun, sudah selayaknya sahabat muslim lebih selektif memilih model hijab. Pilihlah model hijab yang sesuai dengan syariat Islam. Sebab boleh jadi niat berhijab sebagai bukti ketaatan justru malah melanggar ketentuan.

Tutorial hijab yang benar sesuai syariat sudah dimuat dalam Alquran. Di beberapa ayat dijelaskan cara memakai hijau sesuai yang diperintahkan Allah SWT untuk seluruh wanita muslimah. Berikut petikan ayat sekaligus tutorialnya.

Al Ahzab ayat 59

"Hai Nabi, katakanlah pada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka. Yang jadi itu lebih mudah mereka ketahui, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Al Ahzab ayat 33

"Dan hendahlah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan (bertingkah laku) seperti orang-orang Jahiliyah terlebih dahulu, dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, bersih, sebersih-bersihnya."

 BACA JUGA: Rania Roushdy, Model Cantik Berhijab yang Menggunakan Kursi Roda

An Nur ayat 31

"Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya (wajah dan telapak tangan). Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini