nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gara-Gara Donat, Pria Ini Mendapat Ganti Rugi hingga Rp500 Juta

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 18 Oktober 2017 20:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 18 298 1798039 gara-gara-donat-pria-ini-mendapat-ganti-rugi-hingga-rp500-juta-YeYcFCImvF.jpeg Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

SEORANG pria asal Florida, Amerika Serikat, mendapat ganti rugi sebesar $37.500 atau setara dengan Rp500 juta, setelah donat yang disantapnya dinyatakan negatif atau tidak mengandung meth crystal (sejenis narkoba) sama sekali.

NPR melaporkan bahwa pada Desember 2015 lalu, Daniel Rushing yang baru saja mengantarkan temannya untuk melakukan sesi kemoterapi dan memberi tumpangan untuk seorang wanita tua, terpaksa diamankan polisi karena diduga mengendarai mobil dalam kecepatan yang sangat tinggi. Ketika petugas Shelby Riggs-Hopkins meminta tanda pengenal Rushing, ia melihat pria berusia 64 tahun itu memiliki izin senjata tersembunyi.

Rushing kemudian membenarkan bahwa ia membawa pistol dan diminta keluar dari kendaraan dengan alasan keamanan. Empat petugas dikabarkan telah diberi izin untuk menggeledah mobil Rushing, dan menemukan serpihan putih mirip kristal di atas lantai kendaraannya. Ketika petugas menggunakan alat uji lapangan untuk membutikan apakah benda tersebut termasuk dalam kategori narkoba, hasil tes ternyata menunjukkan status false-positif methamphetamine.

Dengan percaya diri Rushing menegaskan bahwa hasil tersebut sangatlah tidak mungkin, karena ia sendiri bukanlah seorang perokok. Setelah mengingat kembali sebetulnya benda apa yang ditemukan oleh para petugas itu, ia mengungkapkan bahwa beberapa hari lalu ia sempat membeli beberapa potong donat dari Krispy Kreme.

Namun sayang, tidak ada seorang pun petugas yang percaya dengan pernyataannya itu. Rushing terpaksa harus menghabiskan waktu selama kurang lebih 10 jam di penjara, sebelum dibebaskan dengan jaminan.

Pihak kepolisian Orlando juga sempat mengirimkan bukti tersebut untuk dilakukan investigasi lebih lanjut. Mereka menemukan bahwa zat yang terkandung dalam barang bukti itu tidak ada kaitannya sama sekali dengan methamphetamine. Dalam arti lain, semua tuduhan yang dilayangkan kepada Rushing tidak terbukti.

“Saya pikir tuntutan hukum adalah tindakan yang benar, atas apa yang mereka lakukan terhadap saya,” kata Rushing kepada NPR.

Setelah memenangkan kasus ini, Rushing mengaku tertarik untuk mencari lowongan pekerjaan dalam bidang keamanan, khususnya yang berkaitan dengan meth crystal dan beberapa jenis narkoba lainnya. Demikian dilansir dari The Daily Meal, Rabu (18/10/2017).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini