nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makan 2 Siung Bawang Putih Mentah Setiap Hari, Ampuh Bersihkan Darah, Mengontrol Kolesterol Hingga Cegah Penyakit Jantung!

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 19 Oktober 2017 04:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 18 481 1798052 makan-2-siung-bawang-putih-mentah-setiap-hari-ampuh-bersihkan-darah-mengontrol-kolesterol-hingga-cegah-penyakit-jantung-8siyOqdgQW.jpg Bawang putih (Foto: Readers Digest)

MASAKAN Indonesia yang sangat beragam jenisnya, pasti tidak akan lengkap rasanya jika tidak memakai bumbu rempah satu ini. Ya, bersama dengan bawang merah, bawang putih memang menjadi bumbu rempah yang wajib hadir setiap kali memasak.

Namun, bawang putih tidak hanya enak dimanfaatkan sebagai bumbu rempah untuk masakan loh! Di balik itu, bawang putih menyimpan sederet manfaat baik bagi tubuh.

Disebutkan lebih lanjut, bawang putih dengan bentuknya yang mungil tersebut namun kaya akan vitamin B1, B2, B3, B6, folat, vitamin C, zat besi, magnesium, potasium, sodium, manganese hingga phosphorous. Jadi ingin tahu lebih lanjut kan sebenarnya apa saja sih manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh? Berikut uraiannya, sebagaimana diwarta Foodndtv, Kamis (19/10/2017).

Membersihkan darah 

Sibuk menutupi jerawat dengan concealer setiap pagi atau sudah mencoba berbagai cara tapi jerawat juga tidak pergi? Well, inilah yang saat tepat untuk mengatasinya langsung dari akarnya, dengan cara membersihkan darah dari dalam.

Dengan membersihkan darah, maka racun serta kandungan yang tidak baik untuk tubuh yang terdapat di dalam darah akan bisa keluar. Caranya mudah kok, cukup konsumsi dua siung bawang putih mentah dan air hangat setiap pagi lalu dilanjutkan dengan meminum banyak air mineral selama seharian penuh.

Mengatasi demam dan flu 

Musim hujan selalu datang sepaket dengan demam dan flu, eits jangan khawatir, karena dengan bawang putih maka demam dan flu ini bisa segera pergi. Konsumsi 2-3 siung bawang putih mentah atau yang sudah dimasak.

Jika tidak kuat memakannya langsung bisa dengan bantuan meminum teh bawang putih yang diberi sedikit madu atau jahe sebagai perasa alami. Bisa juga menambahkan banyak bawang putih ke dalam masakan sup hangat ataupun kuah sayur. Tidak hanya mampu mengurangi demam dan flu, cara ini juga akan meningkatkan daya tahan tubuh loh!

Mencegah penyakit jantung 

Tahukah dengan mengonsumsi bawang putih secara teratur setiap hari (baik itu diolah menjadi masakan atau dimakan mentah) maka kolestrol dalam tubuh juga akan menurun, kemudian mengatur tekanan darah dan tekanan gula darah, sehingga akhirnya bisa secara berkelanjutan mengurangi resiko terserang penyakit jantung.

Anti-bakteri 

Sedari dulu, bawang putih ternyata diketahui sebagai salah satu obat antibiotik alami. Bahkan telah lama digunakan sebagai antibiotik untuk mengobati infeksi bakteri, jamur dan parasit.

Kulit dan rambut

Kandungan yang terdapat pada bawang putih, disebutkan bisa bekerja sebagai pelindung alami kulit dari efek radikal bebas, di mana notabene efek radikal bebas untuk kulit ialah membuat produksi kolagen menurun sehingga kulit kehilangan elastisitasannya atau dengan kata lain mempercepat timbulnya keriput pada kulit.

Sedangkan untuk rambut, bawang putih bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi kerontokan rambut. Mudah saja, cukup balurkan bawang putih yang sudah dihancurkan ke area kulit kepala, atau bisa juga dengan memijat area kulit kepala dan rambut dengan minyak infus bawang putih.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini