nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wow Daun yang Diprediksi Jadi Tren Kuliner Dunia Banyak Tumbuh di Indonesia!

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 19 Oktober 2017 11:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 19 298 1798390 wow-daun-yang-diprediksi-jadi-tren-kuliner-dunia-banyak-tumbuh-di-indonesia-W3aIfdhtK1.jpg Daun pandan diprediksi jadi tren kuliner dunia (Foto:Ist)

SEPERTI halnya tren fesyen dunia yang terus bergerak dinamis setiap harinya, hal yang sama pun terjadi pada tren di dunia kuliner.

Setelah minuman dengan rempah kunyit, dan juga buah alpukat menjadi tren teranyar belum lama ini. Kini muncul satu bahan yang diprediksikan akan menjadi "the big thing" di dunia makanan. Apakah kira-kira?

Well, yang diprediksikan akan menjadi tren selanjutnya di dunia kuliner ternyata adalah daun pandan. Yup, seperti diwarta Thestar, Kamis (19/10/2017) tren akan daun berbentuk panjang nan pipih ini disebutkan oleh celebrity chef ternama, Nigella Lawson yang menilai bahwa tren penggunaan daun pandan di dunia kuliner hanya soal menunggu waktu saja.

BACA JUGA:

Wah, Berlian Merah Muda Peninggalan Napoleon Bonaparte Bakal Dilelang

"Saya pikir ini akan jadi seperti "matcha" yang baru, saya mungkin bisa saja salah. Namun kami di Inggris sudah mulai tertarik dengan daun pandan ini," ungkap Nigella, yang disebutkan media The Independent sebagai trendsetter karena berhasil meningkatkan penjualan alpukat sebesar 30 persen setelah menggunakan alpukat sebagai bahan masakannya di televisi.

 

Daun pandan sendiri memang sudah sangat banyak digunakan dalam masakan-masakan Asia karena kemampuannya untuk mengeluarkan aroma aromatik yang disebutkan tidak jauh berbeda seperti aroma vanila, yang membuat makanan semakin lezat.

BACA JUGA:

Janda di Kedai Bakmi Ini Kewalahan Layani 'Tamunya', Servisnya seperti Apa?

Contohnya mulai dari nasi lemak di Malaysia, ayam bungkus daun pandan Thailand, dan kue-kue khas tradisional Indonesia, tak hanya itu ekstrak dari daun pandan juga kerap dimanfaatkan sebagai pewarna makanan alami ketimbang harus menggunakan pewarna makanan instan. Bahkan di Malaysia, daun pandan ini juga kerap berfungsi sebagai pengharum mobil alami loh!

Keberadaan daun pandan sendiri sangat mudah ditemui di rumah-rumah Asia, karena biasanya tanaman pandan berada di halaman belakang rumah. Sehingga ketika hendak digunakan untuk memasak, tinggal dipetik langsung, dicuci bersih, dan langsung digunakan.

.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini