nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

WALK & WOK: Nikmatnya Makan Soto Banjar di Pinggir Sungai Martapura

Nurul Arifin, Jurnalis · Kamis 19 Oktober 2017 15:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 19 298 1798576 walk-wok-nikmatnya-makan-soto-banjar-di-pinggir-sungai-martapura-O93sry2vRK.jpg

BAGI yang datang ke Kota Banjarmasin, Kalimatan Selatan, belum lengkap jika tidak mencicipi makanan khasnya.

Salah satu makanan khas yang terkenal di Kota ini adalah Soto Banjar. Namun hanya ada satu yang terkenal yakni Soto Bang Amat.

Tempat ini selalu menjadi rujukan siapa saja yang singgah di Banjarmasin. Singgah ke tempat ini jangan hari Jumat, karena pada hari itu Soto Bang Amat tidak berjualan alias libur.

Lokasi soto Bang Amat ini tepatnya berada di alan Banua Anyar nomor 6, Banjarmasin. Persis didekat jembatan Benua Anyar. Jika dari Bandara International Syamsudin Noor sekira 30 Menit. Mencari tempat ini tidaklah sulit karena hampir semua pengemudi angkutan di Bandara sudah mengetahui lokasi Soto Bang Mamat dan sudah sering menjadi jujugan para wisatawan yang berkunjung di Banjarmasin.

Untuk merasakan Soto Banjar ini, pengunjung akan ditawari dua macam menu, yakni Soto Banjar dengan Campuran Lontong dan Soto Banjar dengan campuran Nasi.

(Baca Juga: Putra Jokowi Pamer Foto Kecil Pakai Baju Kebesaran, Netizen: Mas Gibran Mirip Bapak!)

Semua tawaran ini tergantung dari selera pengunjung. Seperti pada umumnya masakkan Soto, selalu dengan tampilan Kuah yang cukup banyak. Bedanya, kuah soto Banjar Bang Amat ini terlihat bening berbeda dengan soto-soto pada umumnya.

Potongan daging ayam kampung yang terasa empuk dipadu dengan perkedel yang terbuat dari telur menjadikan rasa khas soto banjar ini. Belum lagi ditambah dengan sajian sate ayam yang menyatu menjadikan soto bang amat ini memang layak untuk direkomendasikan setiap pengunjung ke Kota Banjarmasin.

Okezone sempat mencicipi Soto Banjar Bang Amat ini. Selain masakan yang cukup khas, lokasi untuk menyantap makanan ini juga sangat tepat. Pasalnya, selain bisa menyantap makanan khas Banjar, juga bisa menikmati pemandangan sungai Martapura.

(Baca Juga: ALAMAK! Ini Daftar Pria dengan Istri Terbanyak di Dunia, Jumlah Anak & Cucunya Bikin Geleng-Geleng Kepala)

Karena Warung Soto Bang Amat ini berdiri tepat di pinggir Sungai Martapura. Di tambah lagi dengan pemandangan lalu lalang perahu yang melintas di anak sungai Barito itu. Whempy, salah satu pengunjung asal Jawa Timur mengaku, baru pertama kali menikmati Soto Bang Amat.

"Di luaran sana memang banyak yang menjual Soto Banjar, tapi yang di sini boleh dibilang asli dari tempat asalnya," kata Whempy yang mengaku usai berkunjung di Kantor Perwakilan Dagang (KPD) Propinsi Jawa Timur.

(Baca Juga: Wow Daun yang Diprediksi Jadi Tren Kuliner Dunia Banyak Tumbuh di Indonesia!)

Bagi Whempy adalah pertama kali menyantap soto banjar sembari menikmati pemandangan pinggir sungai. Whempy yang datang bersama 10 orang ini, rencananya setelah menyantap soto banjar ini akan menikmati pemandangan Sungai Martapura hingga sungai Barito.

Soal Harga cukup ramah di kantong, 1 porsi Soto Banjar ini dihargai Rp22 Ribu dan satenya sebanyak 10 tusuk dihargai Rp15 ribu. Silahkan bagi para pengunjung ke Kota Banjarmasin, untuk merasakan sensasi makan soto banjar di pinggir sungai Martapura.

(Baca Juga: Turun-temurun, 2 Keluarga Besar Ini Punya 12 Jari Tangan dan 12 Jari Kaki!)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini