nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Di Tiongkok ada Kota Hantu Terbesar, Seseram Apa Wujudnya?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 19 Oktober 2017 10:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 19 406 1798310 di-tiongkok-ada-kota-hantu-terbesar-seseram-apa-wujudnya-NJxlpTEirC.jpg Kota Hantu Terbesar (Foto: CNN)

KOTA mati banyak ditemukan di belahan dunia. Ada yang ditinggal karena sumber daya alamnya kurang mendukung atau karena ada alasan khusus yang membuat kota tersebut harus dijauhi.

Nah, bicara mengenai kota mati, di China juga ternyata ada, lho. Namanya Kota Kangbashi. Diketahui, kota ini dulunya sangat megah. Dihuni sekitar 1 juta penduduk dengan kekayaan alam yang juga cukup. Namun, kini kota tersebut dijuluki kota hantu terbesar di China.

Salah satu bangunan yang masih terlihat kokoh adalah perpustakaan Ordos. Selain itu, ada juga Theater Grand Ordos yang megahnya tak kalah dari perpustakaan.

Kemudian, ada juga Museum Ordos yang mana bangunan ini dikelilingi gurun pasir dan bangunannya sendiri cukup mewah. Yang menariknya lagi, museum ini diciptakan arsitek terkemuka, yaitu MAD. Meski terlihat luar biasa, tetap saja bangunan itu kosong.

Tak ketinggalan, ada juga Stadion Ordos yang megah dengan fasilitas olahraga yang lengkap. Tetap saja, kosong pengunjung!

Sedikit informasi, pada awal 2000-an, pemerintah China Utara menggelontarkan dana cukup besar untuk pembangunan kota ini. Biayanya tak sedikit, yaitu sekitar 1 miliar USD atau sekitar Rp13 triliun lebih.

Salah seorang fotografer asal Prancis yang mengunjungi kota tersebut menjelaskan pada CNN, kalau kota ini memang terbilang megah. Namun, kota yang indah tersebut hanya tinggal menunggu kehancurannya, karena populasi penduduk semakin tipis.

Hal itu pun berdampak pada hunian yang semakin lama semakin dikosongkan penghuninya. Padahal, bila bicara pembangunan rumah-rumah warganya, pemerintah cukup serius sampai memikirkan bagaimana konsep hunian idaman semua orang. Niat hati ingin menjadikan kota impian, malah menjadi mimpi buruk terbesar yang pernah ada.

Segala upaya telah dilakukan pemerintah, namun naas, sulit untuk memboyong manusia mau tinggal di sana.

Perlu Anda ketahui, Kota Kangbashi memiliki luas daerah sekitar 355 kilometer persegi. Tak hanya bangunan megah dan rumah penduduk yang terbilang mewah, gedung pencakar langit pun diharapkan bisa menjadi perkantoran generasi milenial yang mencengangkan. Tapi faktanya? Nihil!

Kekayaan alam Ordos sebetulnya tidak kalah dengan dataran China lainnya. Di sini, ada batu bara, logam, dan besi yang melimpah. Makanya, pembangunan kota ini dijadikan salah satu mahakarya dari 100 arsitek dari 24 negara.

Tujuannya pun baik, yaitu menciptakan kota baru sebagai pusat budaya, ekonomi, dan politik. Karena tak banyak ditinggali orang, kota ini pun dijuluki kota hantu terbesar di China! Mau tinggal di sana?

1
7

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini