VIRAL! Turun-temurun, 2 Keluarga Besar Ini Punya 12 Jari Tangan dan 12 Jari Kaki!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 19 Oktober 2017 11:40 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 19 481 1798376 viral-turun-temurun-2-keluarga-besar-ini-punya-12-jari-tangan-dan-12-jari-kaki-23Z6j8d2dB.jpg Keluarga di India mempunyai 12 jari (Foto: Dailymail)

MANUSIA secara normal memiliki 10 jari kaki dan 10 jari tangan. Tapi, apa jadinya kalau jari tangan dan kaki Anda kelebihan satu, sehingga jumlahnya menjadi 12?

Kondisi demikian dialami satu keluarga di Brazil. Keluarga Da Silva yang beranggotakan 14 orang, termasuk bayi yang baru lahir, semuanya memiliki 6 jari di setiap tangan dan kakinya.

(Baca Juga: VIRAL! Guru Bahasa Inggris di Thailand Cantiknya Bikin Betah di Kelas!)

Dilansir dari Al Arabiya, Kamis (19/10/2017), gangguan genetik tersebut disebabkan oleh sindrom genetik polydactyly yang relatif umum terjadi pada sekitar 1 dari 1.000 bayi yang lahir.

(Baca Juga: Makan 2 Siung Bawang Putih Mentah Setiap Hari, Ampuh Bersihkan Darah, Mengontrol Kolesterol Hingga Cegah Penyakit Jantung!)

Keluarga ini meski memiliki kelainan genetik tersebut, mengaku tetap bisa beraktivitas seperti biasanya. Berolahraga, bermain musik, pun juga melakukan aktivitas yang menggunakan jari secara spesifik misalnya makan.

(Foto: Alarabiya)

Ada fakta menarik yang terungkap dari keluarga ini. Dijelaskan bahwa sang ibu hanya memiliki 5 hari kaki dan tangan. Jadi, bisa dikatakan gen "unik" anak-anak tersebut 50% diwarisi sindrom ayahnya.

Sementara itu, tidak hanya terjadi di Brazil, di India pun kasus ini pernah terjadi. Dikabarkan, sebuah keluarga di India juga memiliki 12 jari tangan dan 12 jari kaki. Mereka adalah keluarga Choudhary yang mempunyai 25 anggota keluarga dan berasal dari Gaya Village, Bihar, India.

(Foto: Dailymail)

Bagi keluarga Choudhary, "keistimewaan" tersebut dianggap anugerah dari Tuhan. “Saya rasa ini merupakan berkah. Tidak banyak keluarga yang diberikan keistimewaan seperti yang kami dapatkan," kata Sitbiya Choudhary.

(Baca Juga: ALAMAK! Ini Daftar Pria dengan Istri Terbanyak di Dunia, Jumlah Anak & Cucunya Bikin Geleng-Geleng Kepala)

Namun, bagi anggota keluarga lainnya, Krishna Choudhary, 50, dia menganggap keunikan tersebut sebagai sesuatu yang negatif. Sebab, anak perempuannya jadi sulit punya jodoh karena jumlah jarinya berbeda dari manusia biasa.

(Foto: Dailymail)

“Ayah dan datuk saya punya 24 jari. Saya dengan adik beradik lain ada 24 jari dan anak-anak serta cucu kami pun kondisinya sama seperti ini. Saya tidak ada masalah dengan jari tambahan ini, tapi anak dan cucu saya merasa berbeda. Perempuan-perempuan ini akhirnya sulit kawin," papar dia.

(Baca Juga: Putra Jokowi Pamer Foto Kecil Pakai Baju Kebesaran, Netizen: Mas Gibran Mirip Bapak!)

Sementara itu, pakar dermatologi Dr. Aayush Gupta memberitahu bahawa keluarga Choudhary menderita kecacatan genetik yang dinamakan Polydactyly.

Menurutnya, jari tambahan itu tidak menimbulkan masalah berarti. Namun, masalah sosial yang akhirnya dirasakan mereka.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini