Share

Selain untuk Kecantikan, Ternyata Kolagen Baik bagi Kesehatan Lho!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 19 Oktober 2017 19:18 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 19 481 1798761 selain-untuk-kecantikan-ternyata-kolagen-baik-bagi-kesehatan-lho-PdPlUXOzp9.jpg Ilustrasi (Foto: Skyn)

MENDENGAR kata kolagen mungkin Anda akan terfokus pada kecantikan kulit. Semakin banyak kolagen dalam tubuh, maka semakin baiklah kondisi kulit, rambut, juga kuku Anda.

Sudah sejak lama peneliti meyakinkan bahwa kolagen baik untuk perawatan kulit agar awet muda. Selain itu, untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cantik, kolagen dipercaya mampu memaksimalkan hal tersebut.

(Baca Juga: VIRAL! Guru Bahasa Inggris di Thailand Cantiknya Bikin Betah di Kelas!)

Tapi, siapa sangka kalau kolagen juga baik untuk kesehatan, lho!

Seperti yang dijelaskan dr. Fitria Amalia, Sp.KK, M.Kes, ternyata ada manfaat lain dari kolagen, khususnya untuk kesehatan. Perlu Anda ketahui sebelumnya, kolagen itu banyak terdapat di pembuluh darah dan juga sendi tulang tubuh. Selain itu, kolagen juga ada di tulang dan otot.

(Baca Juga: Makan 2 Siung Bawang Putih Mentah Setiap Hari, Ampuh Bersihkan Darah, Mengontrol Kolesterol Hingga Cegah Penyakit Jantung!)

Nah, karena keberadaannya di sana, mereka yang memiliki jumlah kolagen yang baik dan cukup akan minim risiko cedera ataupun nyeri otot. "Kalau di sendi, kolagen itu membuat tulang Anda lebih mudah bergerak, alhasil risiko kram pun minim," terang dr. Amalia pada Okezone saat diwawancarai di Suasana Resto, Kuningan Suites, Setiabudi, Kamis (19/10/2017).

(Baca Juga: ALAMAK! Ini Daftar Pria dengan Istri Terbanyak di Dunia, Jumlah Anak & Cucunya Bikin Geleng-Geleng Kepala)

Selanjutnya, karena kolagen baik untuk pembuluh darah, makanya mereka yang memiliki kolagen cukup di tubuh jarang mengalami pecah pembuluh darah. Pun juga tidak mudah memar akibat benturan barang tumpul.

(Baca Juga: Putra Jokowi Pamer Foto Kecil Pakai Baju Kebesaran, Netizen: Mas Gibran Mirip Bapak!)

Kemudian, dijelaskan dr. Amalia, mereka yang jumlah kolagennya mencukupi, pencernaannya bisa dibilang baik. "Sebab, kolagen juga berfungsi baik di sistem pencernaan manusia. Jadi, Anda yang rutin mengonsumsi makanan atau minuman kaya kolagen, dipercaya memiliki sistem pencernaan yang baik," terangnya.

Lebih lanjut, sambung dr. Amalia, kalau bicara mengenai sistem pencernaan, mereka yang kolagennya banyak akan mudah mengeluarkan toksin dalam tubuh secara alami. Hal itu terjadi karena kolagen membantu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Jadi, risiko kontaminasi toksin pun menjadi lebih minim.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini