OKEZONE WEEK-END: Miliki Wajah Awet Muda dengan Perawatan Rempah, Mulai dari Jahe Hingga Kencur yang Mudah Dibuat!

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 22 Oktober 2017 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 20 194 1799535 okezone-week-end-miliki-wajah-awet-muda-dengan-perawatan-rempah-mulai-dari-jahe-hingga-kencur-yang-mudah-dibuat-qvSuF3gte2.jpg Perawatan Wajah (Foto: Stylecraze)

PROSES penuaan merupakan proses alamiah yang terjadi pada setiap manusia, salah satu contohnya ialah penuaan pada kulit.

Akan tetapi, bukan berarti proses penuaan ini tidak bisa diperlambat. Apalagi kini, proses penuaan semakin dini terjadi karena banyak faktor. Mulai dari paparan polusi, sinar ultra-violet, kotoran dan debu, hingga radikal bebas.

Lalu apakah sebenarnya kulit bisa dijaga agar tampak lebih awet muda? Tentu saja bisa, mulai dari cara instan seperti melakukan sederet treatment di klinik kecantikan bersama dokter ahli. juga dengan cara metode yang sederhana menggunakan bahan alami seperti rempah-rempah. Apa saja rempah-rempah yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kulit awet muda? Bagaimana caranya? Berikut sudah Okezone rangkum penjelasannya dari berbagai sumber.

Jahe 

Selain biasa digunakan sebagai bahan untuk minuman hangat di kala musim hujan dan juga diet, jahe pun diketahui mempunyai manfaat untuk membersihkan kulit secara secara mendalam karena jahe dapat melancarkan sirkulasi pada kulit, terutama untuk tipe kulit berminyak. Alhasil kulit bisa terlihat lebih segar nan kinclong.

Metode : Cukup iris jahe lalu oleskan langsung ke area kulit yang kusam dan berminyak. Biarkan sari-sari jahe meresap masuk ke dalam kulit, selama kurang lebih 15 sampai 20 menit. Setelahnya cukup dibersihkan dengan diusap memakai handuk basah.

Selain itu bisa juga dengan mengonsumsinya dengan madu, ambil satu ruas jahe, kupas bersih lalu potong-potong dan tambahkan satu sendok makan madu, campurkan dengan air. Minum campuran jahe dan madu ini, sebagai proteksi diri dalam melawan keriput.

Kunyit

Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, tak salah jika kunyit bisa digunakan untuk membuat kulit jadi awet muda karena kandungan vitamin C yang tinggi inilah yang diketahui berkhasiat untuk mengusir kerutan sekaligus mencerahkan kulit gelap di sekitar area bawah mata.

Metode : Buat lulur kunyit dengan mencampurkan 2 sendok makan bubuk kunyit, 1 sendok makan tepung beras, 1 sendok makan susu segar, dan 1 sendok makan jus tomat. Aduk rata, lalu langsung balurkan ke area wajah, leher, tangan dan kaki. Diamkan selama kira-kira 20 menit, setelah kering tinggal dibilas bersih dengan air dingin.

Bubuk cendana 

Bumbu rempah sangat kuno satu ini, disebutkan sudah sering dipakai sejak zaman dahulu untuk membuat kulit bersinar sekaligus jauh dari keriput.

Metode : Membuat masker cendana ini sangat mudah karena hanya butuh dua bahan, yakni dengan cara mencampurkan bubuk cendana secukupnya dengan air mawar, aduk merata,kemudian balurkan ke wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya (masih dalam keadaan semi basah) sampai merata. Tunggu hingga masker mengering, bersihkan wajah dengan air sampai bersih. Selain membuat kulit bebas keriput dan bercahaya, masker cendana ini juga bisa menjadi proteksi agar jerawat tidak hadir di wajah.

Kencur 

Rempah satu ini disebutkan mempunyai kandungan minyak atsiri (borneol, kamfer, sineol, etilalkohol) yang di mana selain berguna untuk kesehatan tubuh seperti menghangatkan badan, hingga pembersih tenggorokan, Kencur juga bisa bekerja sebagai penangkal radikal bebas, yang merupakan salah satu penyebab terjadinya penuaan dini.

Metode : Untuk menggunakan kencur agar kulit awet muda, bisa dengan cara dikonsumsi sebagai minuman. Jika tidak tahan dengan rasa yang sedikit pahit, bisa tambahkan gula aren sebagai perasa.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini