Share

OKEZONE WEEK-END: Kopi Rempah hingga Turmeric Latte, Minuman Kekinian yang Mengandung Rempah

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Minggu 22 Oktober 2017 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 20 298 1799477 okezone-week-end-kopi-rempah-hingga-turmeric-latte-minuman-kekinian-yang-mengandung-rempah-iaOo8kXvCa.jpg Turmeric Latte (Foto: SBS)

BERBINCANG dengan sahabat tak lengkap rasanya tanpa menyeruput minuman. Tak heran jika saat ini banyak kedai kopi yang menyajikan berbagai minuman pilihan anak muda.

Umumnya, kopi adalah minuman pilihan untuk dinikmati sembari mengobrol. Namun, kini banyak bermunculan berbagai minuman unik yang memiliki campuran rempah-rempah di dalamnya.

Indonesia yang dikenal sebagai negeri penghasil rempah-rempah pun memiliki banyak minuman kekinian dengan cita rasa rempah. Selain di Indonesia, minuman dengan rasa rempah-rempah juga ada di Eropa dan Amerika. Simak ulasannya dilansir dari berbagai sumber berikut ini:

Kopi rempah

Kopi adalah minuman yang banyak dinikmati dan kepopulerannya tidak perlu ditanyakan lagi. Namun apa jadinya jika kopi dicampur dengan rempah-rempah? Selain cita rasanya yang unik, kopi ini juga mengandung khasiat sebagai penambah stamina dan vitalitas. Sebab, kopi ini mengandung berbagai rempah seperti jahe merah, kapulaga, kayumanis, dan cengkeh.

Namun di Yogyakarta, Anda bisa menemukan kopi rempah yang digandrungi anak muda. Adalah Kopi Jo yang didirikan oleh Johanes Tan Joana Jaya yang mulai populer. Ia mengolah kopi robusta dengan campuran rempah-rempah, cokelat, dan susu untuk menciptakan rasa yang tak mudah dilupakan.

Es krim temulawak

Temulawak identik dengan rasa pahit. Tetapi di Jember, temulawak yang dikombinasikan dengan berbagai bahan dan diolah menjadi es krim adalah hal sesuatu yang membanggakan. Es krim dengan rasa temulawak diciptakan oleh beberapa mahasiswa dari Jember.

Kandungan curcumin di dalam temulawak yang dapat meningkatkan nafsu makan membuat es krim ini diminati. Terlebih, seseorang tak perlu merasakan kepahitan temulawak seperti saat meminum jamu. Sebab rasanya menjadi manis ketika sudah diolah menjadi es krim.

Selain sebagai peningkat nafsu makan, temulawak juga memiliki beberapa khasiat seperti antioksidan yang dapat mencegah kanker, menurunkan kolesterol, dan menambah stamina.

Turmeric latte

Turmeric latte juga dikenal dengan sebutan golden milk. Disebut demikian karena memiliki tampilan berwarna keemasan. Warna ini berasal dari campuran antara susu dan kunyit. Minuman yang sedang tren di Australia, Amerika Serikat, dan Eropa ini terinspirasi dari tradisi masyarakat Asia yang senang mencampurkan kunyit ke dalam makanan atau minuman.

Di beberapa tempat, turmeric latte mencampurkan antara kunyit dengan susu. Namun susu tersebut bisa diganti dengan santan, almond milk, atau susu sapi. Biasanya, penyajiannya ditambah dengan kayumanis sehingga terasa lebih manis dan kaya akan rasa.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini