Share

OKEZONE WEEK-END: Aneka Rempah-Rempah Unik, Salah Satunya untuk Meningkatkan Libido Wanita

Vessy Frizona, Jurnalis · Minggu 22 Oktober 2017 07:31 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 20 298 1799488 okezone-week-end-aneka-rempah-rempah-unik-salah-satunya-untuk-meningkatkan-libido-wanita-ADONsIYJDM.jpg Kemukus (Foto: Biodiversitywarriors)

SEJARAH mencatat kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia pada abad ke 11 adalah untuk menguasai rempah-rempah. Di tanah Maluku-lah para penjajah menemukan surganya hasil alam yang memiliki ragam manfaat tersebut.

Beberapa jenis rempah dari Tanah Air menjadi yang paling dicari bangsa Eropa. Jenis rempah-rempah Indonesia berjumlah ratusan, namun yang paling populer di antaranya, merica, lada, pala, kencur, jahe.

Sebagai anak bangsa, sudah selayaknya kita menjaga kekayaan rempah-rempah. Caranya dengan mengenal dan mengetahui lebih banyak lagi jenis rempah hasil bumi Indonesia. Sebab, selain jenis rempah yang disebutkan di atas, masih banyak lagi rempah-rempah yang belum populer tetapi memiliki khasiat yang tak kalah besar ketimbang rempah yang sudah populer.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut 4 jenis rempah-rempah hasil alam Indonesia yang unik dan belum populer.

Kemukus

Kemukus memiliki nama latin Piper cubeba L. Tanaman ini banyak di tanam di Jawa dan Sumatera. Orang banyak menyebutnya dengan sebutan lada Jawa atau cabe Jawa. Ketika panen buah kemukus, maka perlu dikeringkan dulu sebelum dijadikan olahan sebagai bumbu masakan atau membuat rokok.

Andaliman

Andaliman memang tidak begitu dikenal oleh masyarakat Indonesia pada umumnya. Rempah yang memiliki nama latin Zanthoxylum ini lebih dikenal oleh suku batak. Sebab rempah ini kerap dipakai untuk masakan khas batak yaitu, arsik dan saksang. Secara umum orang menyebut rempah ini adalah merica batak.

(Baca Juga: Bayi Bernapas Lebih Cepat, Normalkah? Ketahui Cara Cek Kecepatan Napasnya)

Kincung

Rempah-rempah yang satu ini memliki banyak sebutan. Belakangan kincung mulai populer sebab sudah digunakan untuk bumbu makanan tertentu. Sebutan yang paling familiar untuk kincung adalah kecombrang, kantan dan honje. Kincung untuk sebutan Medan, sementara orang Minangkabau menyebutnya kincuang.

(Baca Juga: Begini Cara Aman Pencet Jerawat yang Disarankan Dokter Kulit)

Adas

Banyak orang mengatakan rempah khas Indonesia ini bermanfaat untuk meningkatkan Libido wanita. Kandungan minyak atsiri dalam adas punya khasiat mirip dengan estrogen (hormon reproduksi wanita). Maka jika dikonsumsi, adas mampu meningkatkan libido wanita. Dikutip dari Wikipedia, Adas manis atau anis (Pimpinella anisum) merupakan sejenis tumbuhan berbunga.

(Baca Juga: Pesona Agnez Mo Kian Disejajarkan dengan Megan Fox)

(ful)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini