OKEZONE WEEK-END: Ketahui 10 Rempah-Rempah Terkenal dan Apa Saja Khasiatnya!

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 21 Oktober 2017 00:07 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 20 298 1799505 okezone-week-end-ketahui-10-rempah-rempah-terkenal-dan-apa-saja-khasiatnya-PqLtMxrph8.jpg Rempah-rempah (Foto: Mytupperware)

INDONESIA dengan segala kekayaan alamnya memang patut disyukuri. Salah satunya dengan kehadiran kekayaan alam yakni rempah-rempah yang berlimpah.

Maka tidak heran, dari dulu Indonesia dikenal sebagai negeri penghasil rempah-rempah di mata dunia. Dari sekian banyak jenis rempah, apa saja sih rempah-rempah yang terkenal dan apa saja khasiatnya? Berikut sudah Okezone rangkum dari berbagai sumber, ulasannya di bawah ini.

 BACA JUGA:

Cengkih 

Tahukah Anda bahwa Indonesia punya predikat sebagai negara penghasil cengkih nomor satu di dunia? dua daerah Indonesia di bagian Timur yakni Maluku dan Ambon adalah daerah penghasil cengkih di Tanah Air. Tidak hanya sedap dijadikan sebagai bumbu perasa dan aroma di berbagai masakan.

Cengkih juga punya khasiat untuk kesehatan, sebab cengkih hadir dengan kandungan euganol yang flavonoid yang dapat bekerja untuk menetralisir kadar asam lambung, membantu memberi efek hangat pada perut, dan rasa hangat dari cengkih juga bisa membantu meredakan rasa mual. Tak hanya itu, euganol tersebut disebutkan bisa bekerja sebagai anti bakteri dan memberi rasa hangat untuk melegakan pernafasan.

Merica 

Setiap jenis hidangan masakan, sepertinya pasti menggunakan bumbu rempah satu ini. Baik itu masakan Asia ataupun masakan Barat, baik itu merica hitam ataupun merica putih. Tumbuhan merica atau lada sendiri dapat banyak didapati di Indonesia, hadir dengan karakter tanaman merambat pada pohon yang lebih tinggi dan kuat. Untuk khasiat, merica atau lada ini hadir dengan khasiat bisa membantu untuk menurunkan tingkat kolesterol yang tinggi serta membantu tubuh agar menghambat penyerapan kolesterol, yang akhinya dapat membuat kadar lemak dalam tubuh tidak terlalu tinggi.

Pala 

Diketahui, pala merupakan salah satu rempah asli Indonesia loh! Pala yang memiliki nama Myristica Fragrans ini, hadir dengan tampilan biji pala yang terbungkus oleh kulit cangkang yang keras namun renyah. Khasiatnya? Walau kecil, pala disebutkan memiliki ragam manfaat seperti mencegah terjadinya kerusakan gigi, melawan pertumbuhan bakteri pertumbuhan bakteri dalam mulut dan gigi, melawan infeksi, dan mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu menurunkan resiko terkena penyakit kanker serta melawan pertumbuhan sel tumor.

Kunyit 

Nah, rempah satu ini juga kerap digunakan sebagai bumbu masakan, jamu, hingga lulur.Tanaman kunyit sendiri banyak tumbuh di Indonesia, dengan bentuk tanaman yang bisa tumbuh sampai setinggi satu meter. Kunyit walaupun memiliki cita rasa sedikit pahit dan hangat, namun banyak menyimpan manfaat untuk kesehatan loh! Mulai dari mengurangi gejala flu dan melancarkan pernafasan, mengandung kurkumin yang bisa mencegah radikal bebas dalam tubuh, menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor dalam tubuh, sampai meningkatkan stamina tubuh.

Bawang putih

Rempah satu ini punya nama latin allium sativum, yang telah lama dikenal tidak hanya sebagai salah satu bumbu utama dalam masakan Indonesia namun juga berperan sebagai antibiotik alami. Bawang putih punya zat yang dinamakan allicin, di mana allicin ini adalah komponen biologis aktif yang berfungsi sebagai zat anti-bakteri. Khasiat bawang putih sendiri mulai dari untuk mengencerkan darah, mencegah hipertensi alias darah tinggi, anti-oksidan, zat anti-kanker, sampai bisa digunakan untuk menurunkan berat badan.

Bawang merah 

Saudara dari bawang putih ini memiliki nama latin, allium ascalonicum. Seperti halnya bawang putih, pemakaian bawang merah juga biasanya untuk menjadi bumbu utama dalam sebuah masakan.

Well, bawang merah ini punya manfaat yang tinggi loh! karena mengandung zat anti-oksidan dan quercetin yang di mana senyawa ini disebutkan baik untuk jantung serta sistem imunitas tubuh. Belum lagi zat anti-oksidan ini juga bekerja sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh. Sedangkan kandungan quercetin pada bawang merah akan melawan pertumbuhan bakteri dalam tubuh, mengatasi infeksi akibat jamur, serta mencegah peradangan.

 BACA JUGA:

Jahe 

Rempah satu ini ternyata masih satu keluarga dengan kunyit, lengkuas, kincung, kencur, bahkan pisang. Bagian jahe yang biasanya dipergunakan adalah bagian rimpang atau umbinya, di mana jika umbi ini dibelah maka akan keluar aroma halus yang terasa pedas dan cukup menyengat. Soal khasiat, kebanyakan orang sudah cukup familiar dengan manfaat jahe.

Jahe memiliki beragam khasiat, mulai dari masalah pencernaan karena adanya kandungan phenolic yang berfungsi untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal, menstimulasi air liur, mencegah terjadinya kontraksi pada perut, mual, hingga membantu pergerakan makanan dan minuman selama berada di pencernaan.

Jahe juga membantu proses detoksifikasi karena mampu membuat tubuh berkeringat sehingga bisa melindungi dari mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit, mengurangi rasa sakit saat menstruasi. Hingga mencegah kanker dengan adanya komponen gingerol inilah, jahe dapat mencegah pertumbuhan sel kanker usus besar.

Kencur

Siapa sih yang tidak familiar dengan kencur? Kandungan yang dipunyai kencur ternyata cukup banyak, rempah satu ini diketahui mengandung pati, mineral, serta minyak atsiri yang berupa sineol, asam metil kanil, asam sinamat, asam dasinat dan alkaloid. Di mana dengan adanya kandungan ini, maka kencur bermanfaat untuk mengobati diare, masuk angin, flu, sakit kepala, batuk, dan memperlancar haid. Sensasi hangat yang muncul pada tubuh saat mengonsumsi kencur, akan membuat tubuh menjadi hangat dan pernafasan menjadi lega. Selain itu, manfaat paling terkenal dari kencur adalah apalagi kalau bukan untuk menambah nafsu makan.

Kayu manis 

Pohon kayu manis atau cinnamon disebutkan berasal asli dari Asia Tenggara, Amerika Selatan, juga Karibia. Kayu manis sendiri berasal dari kulit dan cabang-cabang pohon kayu manis. Manfaatnya?

Selain enak untuk perasa alami dan aroma untuk masakan dan kue-kue, kayu manis berguna untuk membantu mencegah radikal bebas dalam tubuh, meningkatkan nafsu makan saat sedang sakit dan setelah sakit, meningkatkan produksi sel tubuh yang bisa membantu proses metabolisme, sampai mengurangi resiko terkena penyakit diabetes dan jantung.

Adas

Rempah satu ini mempunyai bentuk seperti bola hijau, biji adas sendiri diketahui dihasilkan dari bagian batang dekat daun. Fungsi adas untuk kesehatan sebagai salah satu jenis rempah cukup banyak. Adas bisa digunakan untuk membantu mengatasi sakit perut, mengurangi gejala influenza serta batuk, meningkatkan nafsu makan terutama setelah tubuh jatuh sakit, menghilangkan rasa nyeri saat menstruasi, meningkatkan produksi ASI, sampai mengatasi penyakit yang disebabkan oleh parasit, seperti salah satu contohnya malaria.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini