OKEZONE WEEK-END: Rempah Apa Saja yang Bisa Bantu Mengontrol Nafsu Makan?

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 21 Oktober 2017 09:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 20 298 1799511 okezone-week-end-rempah-apa-saja-yang-bisa-bantu-mengontrol-nafsu-makan-URwqcxizew.jpg Banyak makan (Foto: Onedio)

ORANG yang memiliki bentuk tubuh kurus, tidak sedikit yang ingin menambah bobot tubuhnya agar terlihat punya bentuk tubuh yang pas. Di satu sisi lain, orang dengan berat badan berlebih, banyak yang ingin menurunkan berat badannya sehingga terlihat sedikit lebih kurus.

Soal bentuk tubuh, pola makan tentu sangat menjadi faktor utama. Tinggi rendahnya nafsu makan, tentu akan mempengaruhi bentuk tubuh bukan? Meningkatkan ataupun mengurangi nafsu makan memang bisa dilakoni dengan berbagai cara, salah satunya dengan memanfaatkan rempah-rempah. Ingin tahu apa saja sih rempah-rempah alami yang punya manfaat bisa meningkatkan dan menurunkan nafsu makan? Berikut di bawah ini ulasannya.

Menambah nafsu makan;

1. Temulawak : Bisa dibilang, rempah satu inilah yang paling populer sebagai rempah untuk penambah nafsu makan. Temulawak hadir dengan kandungan zat seperti kurkumin, minyak asirin, pati, phelandren, protin, serat, abu dan tumerol. Di mana selain untuk mengatasi berbagai penyakit, kandungan kurkumin atau curcuma terdapat di dalamnya inilah yang menjadikan mengapa temulawak bisa difungsingkan sebagai rempah untuk menambah nafsu makan sekaligus juga mengurangi gangguan pada sistem pencernaan.

2. Kayu manis : Sajian makanan yang memiliki aroma harum, biasanya ampuh untuk bisa merangsang nafsu makan. Nah, salah satu rempah yang bisa digunakan di dalam masakan ialah kayu manis. Dengan menambahkan kayu manis ini, maka bisa tercipta aroma makanan yang menggoda sehingga bisa merangsang nafsu makan secara alami.

3. Kencur : Sama seperti temulawak, rempah satu ini juga dikenal sebagai rempah yang meningkatkan nafsu makan. Kandungan minyak atrisi yang ada pada kencur dengan sifat carminitive inilah, yang membuat kencur bisa menambah nafsu makan. Kencur sendiri termasuk dalam suku temu-temuan, di mana awalnya tanaman kencur ini diketahui berasal dari India hingga menyebar ke negara-negara lain termasuk Indonesia.

Mengurangi nafsu makan;

1. Cabai : Nah, cabai disebutkan sebagai ratu dari semua rempah-rempah yang berguna untuk penurunan berat badan. Mengapa? Seperti yang disebutkan dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Chemical Senses tahun 2012, karena cabai hadir dengan kandungan capsaicin di dalamnya, yang berkhasiat untuk menekan nafsu makan.

2. Merica : Sama halnya dengan cabai, merica pun sama-sama hadir dengan kandungan capsaicin di dalamnya. Selain itu, disebutkan lebih lanjut merica juga memiliki efek termogenik, sehingga tubuh akan membakar kalori lebih maksimal saat mencerna makanan alhasil Anda akan merasa lebih kenyang dan puas seusai makan. Sehingga akhirnya nafsu makan pun berkurang dan bisa menjadi lebih terkontrol.

3. Bawang putih : Diketahui dengan mengonsumsi bawang putih secara teratur, maka efek yang timbul ialah akan ada sinyal yang terkirim ke otak bahwasanya perut sudah terasa penuh dan kenyang. Sehingga, efek inilah yang pada akhirnya bisa membuat nafsu makan yang tinggi menjadi berkurang. Demikian seperti dirangkum Okezone dari berbagai sumber.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini