nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OKEZONE WEEK-END: Selain Bantu Perlancar Menstruasi, Jamu Kunyit Asam Beri Dampak Positif bagi Wanita yang Ingin Cepat Hamil

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 21 Oktober 2017 15:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 20 298 1799593 okezone-week-end-selain-bantu-perlancar-menstruasi-jamu-kunyit-asam-beri-dampak-positif-bagi-wanita-yang-ingin-cepat-hamil-v8xYK4gh8X.jpg

KETIKA seorang perempuan memasuki masa pubertas biasanya ditandai dengan menstruasi. Banyak nasihat turun-temurun yang diberikan oleh orangtua untuk anak perempuannya yang mengalami menstruasi. Salah satunya adalah mengonsumsi jamu kunyit asam agar memperlancar menstruasi dan menghilangkan bau amis.

Kunyit asam adalah jamu asal Jawa yang terbuat dari camuran kunyit, asam, dan gula merah atau gula pasir. Kunyit mengandung senyawa curcuminoid yang bertindak sebagai anti nyeri. Bukan hal yang asing lagi jika selama menstruasi perempuan sering merasa kram pada perutnya. Dengan rutin mengonsumsi kunyit asam sebelum periode menstruasi, maka kemungkinan kram akan berkurang.

Selain membantu mengurangi kram, kunyit asam juga bisa memperlancar periode menstruasi karena sifatnya yang mengencerkan darah. Bagi pasangan yang sudah menikah, menstruasi yang teratur tentu bisa membantu mereka mendapatkan momongan. Seperti yang diketahui, masa subur seorang perempuan adalah dua minggu setelah menstruasi. Pada masa itu besar kemungkinan sperma berhasil membuahi sel telur sehingga menjadi janin. Bayangkan bagaimana jika menstruasi datangnya tidak teratur, tentu sulit untuk mendapatkan kehamilan.

BACA JUGA:

Prestasi Miss Indonesia di Ajang Miss World Selama 5 Tahun Terakhir

Ladies, Jangan Lupa Ganti Celana Dalam Usai Berhubungan Seks!

Daftar Raja-Raja di Dunia yang Doyan Berpoligami, Jumlah Selirnya Bikin Melotot!

Sudah Usia 40 Tahun Olga Lydia Tetap Cantik dan Awet Muda, Ini Rahasianya!


Peran kunyit tak sampai di situ, kunyit juga bisa menyembuhkan endometriosis. Endometriosis adalah suatu kondisi di mana sel endometrium yang melapisi rahim tumbuh di luar rahim. Kondisi ini bisa menyebabkan kemandulan yang tentunya berdampak pada kesulitan mendapatkan anak. Kunyit bisa membantu menghambat pertumbuhan sel yang membentuk fibroid dan mencegah proliferasi pada rahim.

Apabila seorang perempuan sudah berhasil hamil, ada baiknya mengurangi frekuensi konsumsi kunyit asam. Mengonsumsi jamu kunyit asam menjelang kelahiran dianggap bisa membuat kulit bayi tampak bersih. Namun, setiap khasiat terkadang berbeda di setiap orang, maka dari itu perlu juga untuk konsultasi ke ahli gizi atau dokter.


Ya, kunyit memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Kunyit berperan sebagai anti-inflamasi, mencerahkan kulit, menyegarkan wajah, dan membuat seseorang tampil lebih segar. Maka tidak heran jika banyak orang yang senang mengonsumsi salah satu rempah yang ada di Indonesia ini.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini