nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OKEZONE WEEK-END: Menguak Kelebihan & Kekurangan Kunyit, Jahe, dan Kencur untuk Bumbu Masakan

Vessy Frizona, Jurnalis · Minggu 22 Oktober 2017 08:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 20 481 1799154 okezone-week-end-menguak-kelebihan-kekurangan-kunyit-jahe-dan-kencur-untuk-bumbu-masakan-s9t3Osq2tl.jpg Kunyit (Foto: Thehealhsite)

Sebagai penduduk pribumi, orang Indonesia pasti akrab dengan yang namanya kunyit, jahe, dan kencur. Ketiga rempah-rempah tersebut sering digunakan untuk kehidupan sehari-hari.

Entah untuk kecantikan, kesehatan, dan penyedap makanan. Tanah Indonesia yang subur memang menjadikan negeri ini kaya hasil alam. Rempah-rempah juga menjadikan masakan tradisional Indonesia menjadi kaya rasa.

Kali ini kita akan membahas secara spesifik tentang manfaat kunyit, jahe dan kencur untuk penyedap masakan. Meski ketiga rempah-rempah tersebut dapat digunakan untuk melezatkan makanan, namun penggunaannya tidak asal-asalan. Maka inilah kekurangan dan kelebihan beberapa jenis rempah-rempah untuk penyedap makanan.

Kunyit

Kelebihan untuk masakan, kunyit dapat digunakan sebagai bahan pewarna alami. Kunyit biasanya dijadikan bumbu masakan sejenis gulai. Selain untuk gulai, kunyit juga menjadi bumbu untuk menghasilkan rendang yang nikmat. Beberapa jenis makanan seperti pepes atau ikan bakar pun menggunakan kunyit sebagai bumbu penyedap. Kunyit juga kerap digunakan untuk mengawetkan makanan. Satu lagi yang tak boleh ketinggalan, kunyit juga dipakai sebagai pewarna alami untuk membuat nasi kuning.

Kekurangan, tidak semua makanan tradisional menggunakan kunyit untuk pembuatannya. Warna kuning kunyit yang sangat keras, cukup tak disukai ibu-ibu. Sebab saat memasak menggunakan kunyit, tangan menjadi kuning-kuning.

Jahe

Kelebihan selain sering digunakan untuk membuat minuman yang dapat menghangatkan tubuh, jahe sering berada di dapur untuk dijadikan bumbu penyedap masakan seperti masakan aneka sup sayuran. Tambahan jahe memberi nutrisi pada tubuh. Jahe nikmat untuk menu masakan dengan bahan dasar ikan tuna, misalnya tuna ceviche oriental. Memasak makanan dengan campuran jahe, paling enak ditambahkan cabai, lemon, dan bawang merah.

Kekurangan, sayangnya jahe tidak dapat dinikmati semua orang dalam masakan. Bagi orang yang kondisi pencernaaannya lemah, makanan yang mengandung jahe akan membuat tubuh lemah dan perut mulas. Apalagi jika jahe termakan tanpa dikunyah maka menyebabkan penyumbatan di usus.

Kencur

Kelebihan, kencur merupakan bumbu dapur yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai masakan. Kencur memiliki aroma yang khas, sehingga membuat masakan yang dimasak juga menjadi harum dan menyegarkan. Beberapa masakan yang bisa dibuat dengan bumbu kencur adalah ketupat tahu, sambal krecek, cumi balado, dan masih banyak lagi

Kekurangan, sejauh ini kencur menjadi bahan rempah yang banyak digunakan untuk masakan. Kabar gembiranya adalah kencur tidak memiliki efek samping.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini