nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OKEZONE WEEK-END: Banyak Manfaat Kunyit Bagi Kecantikan Wanita, Begini Cara Membuat Masker Hingga Obat Anti Jerawatnya

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 21 Oktober 2017 20:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 20 481 1799630 okezone-week-end-banyak-manfaat-kunyit-bagi-kecantikan-wanita-begini-cara-membuat-masker-hingga-obat-anti-jerawatnya-nmkqg8u4o6.jpg

KUNYIT telah lama digunakan oleh para ibu di Indonesia. Rempah-rempah yang satu ini memiliki beragam manfaat bagi kehidupan manusia khususnya wanita. 

Indonesia menjadi salah satu negara yang menjadi tempat tumbuh kunyit dengan subur. Oleh karenanya, tidaklah heran jika di Indonesia kita bisa dengan mudah menjumpai kunyit, di pasar tradisional, warung sayuran hingga supermarket modern. 

Kunyit memiliki bentuk mirip dengan jahe, tapi warna, tekstur dan aromanya berbeda. Selain itu, manfaat keduanya pun tidak sama. Dirangkum oleh Okezone dair berbagai sumber, Jumat (20/10/2017), berikut manfaat kunyit bagi kecantikan wanita Indonesia.

BACA JUGA:

Prestasi Miss Indonesia di Ajang Miss World Selama 5 Tahun Terakhir

Ladies, Jangan Lupa Ganti Celana Dalam Usai Berhubungan Seks!

Daftar Raja-Raja di Dunia yang Doyan Berpoligami, Jumlah Selirnya Bikin Melotot!

Sudah Usia 40 Tahun Olga Lydia Tetap Cantik dan Awet Muda, Ini Rahasianya!

1. Mencerahkan kulit wajah

Bagi wanita yang ingin cara alami untuk mencerahkan kulit wajah, bisa menggunakan kunyit sebagai masker. Gunakanlah secara teratur masker kunyit maka Anda akan mendapatkan wajah cerah alami. 

2. Ramuan kunyit untuk kulit berminyak

Selain mencerahkan kulit, kunyit juga bisa mengatasi wajah yang berminyak. Manfaat tersebut dimiliki kunyit karena ada zat yang dapat mengatur produksi sebum atau minyak. Dengan ramuan kunyit yang dikombinasikan 1,5 bubuk cendana, 3 sendok jus jeruk nipis dan kunyit, Anda bisa menjadikannya masker dan gunakan secara rutin, maka kulit wajah Anda yang berminyak pun bisa teratasi. 

3. Bubuk kunyit kontrol kelembapan kulit kering

Kulit kering tentu sangat menjengkelkan. Untuk membuatnya lembap, Anda bisa memanfaatkan kunyit yang telah dihaluskan dicampur dengan 1 butir putih telur, 2 tetes minyak zaitun, air perasan jeruk nipis dan sedikit air mawar. Penggunaannya, Anda bisa oleskan ke kulit yang kering dan diamkan selama 20 menit, setelah itu bilas dengan air hangat. Kulit yang kering pun akan selalu lembap dan ternutrisi. 

4. Mengobati Jerawat

Wajah yang dipenuhi jerawat bisa membuat kepercayaan diri seorang wanita menurun. Namun, dengan manfaat dari kunyit, wajah yang dipenuhi jerawat pun bisa diatasi. Anda bisa mencampurkan bubuk kunyit bersama dengan madu dan perasan air lemon, lalu gunakan seperti masker, diamkan 20 menitm setelah kering, bilas dengan air dingin. 

5. Samarkan kerut dan cegah penuaan

Usia memang tidak bisa dihentikan, tapi tanda-tanda penuaan dan kerutan bisa disamarkan bahkan ditunda waktunya. Salah satu cara alami untuk menyamarkan kerut dan tanda-tanda penuaan ialah dengan memanfaatkan kunyit. Dengan 2 sendok makan bubuk kunyit yang dicampurkan bersama 1 sendok makan jus tomat, maka masker pun bisa digunakan secara rutin agar mendapatkan hasil maksimal. 

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini