OKEZONE WEEK-END: Punya Aroma Menyegarkan, Aneka Rempah Ini Sering Dimanfaatkan untuk Aromaterapi

Annisa Aprilia, Jurnalis · Minggu 22 Oktober 2017 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 20 481 1799638 okezone-week-end-punya-aroma-menyegarkan-aneka-rempah-ini-sering-dimanfaatkan-untuk-aromaterapi-gLfomTiwaG.jpg

BEBAN pikiran tentu bisa membuat seseorang merasa stres. Jika tidak dikendalikan, rasa stres berlebihan bisa mengganggu jiwa orang tersebut. Maka dari itu, banyak orang yang berusaha melepaskan beban pikirannya dengan berbagai cara. Mulai dari pergi berlibur atau hanya sekadar menghirup aromaterapi.

Menurut Burke Williams Spa, aromaterapi dapat mengeluarkan molekul kecil ke udara yang apabila dihirup akan memicu saraf di hidung yang terhubung langsung ke otak. Proses itu menciptakan reaksi fisik yang baik karena adanya kiriman sinyal. Penghirupan molekul ini dapat memberikan efek pelepasan beban pikiran.

Dilansir dari Slashed Beauty, Jumat (20/10/2017), aromaterapi memiliki banyak manfaat. Pertama, menjadikan kualitas tidur yang lebih baik. Tidur yang berkualitas membuat orang merasa nyaman dan melepaskan rasa lelahnya sehingga membantu menghilangkan stres dan menenangkan pikiran. Manfaat kedua dari aromaterapi adalah meringankan beban dan saraf mental. Dengan begitu, apabila aromaterapi dihirup bisa menenangkan sistem saraf, meningkatkan kewaspadaan, menjaga mood tetap baik sepanjang hari, dan membantu tidur yang berkualitas.

BACA JUGA:

Prestasi Miss Indonesia di Ajang Miss World Selama 5 Tahun Terakhir

Ladies, Jangan Lupa Ganti Celana Dalam Usai Berhubungan Seks!

Daftar Raja-Raja di Dunia yang Doyan Berpoligami, Jumlah Selirnya Bikin Melotot!

Sudah Usia 40 Tahun Olga Lydia Tetap Cantik dan Awet Muda, Ini Rahasianya!


Selain itu, menghirup aromaterapi bisa meningkatkan energi sekaligus memperbaiki mood yang buruk. Orang yang beban pikirannya berat biasanya sering mengalami perubahan mood. Perubahan tersebut tentu bisa berdampak negatif. Entah dalam pekerjaan maupun bersosialiasi. Bila beban mampu dibebaskan dengan menghirup aromaterapi, bukan tidak mungkin dapat memperbaiki mood.

Aromaterapi bisa berupa minyak esensial maupun lilin. Bahan-bahan yang digunakan juga beragam. Salah satunya adalah rempah-rempah. Indonesia merupakan negeri yang kaya akan rempah-rempah. Maka tak heran banyak masyarakatnya yang memanfaatkan benda tersebut untuk dijadikan aromaterapi.

Rempah yang biasanya dimanfaatkan untuk aromaterapi adalah vanili. Biasanya rempah ini dicampurkan dengan teh hijau, beras putih, jahe, kencur, dan akar wangi untuk menciptakan aroma yang kesegarannya melebihi parfum. Akar wangi sendiri termasuk rempah wewangian yang biasa digunakan umtuk mengharumkan lemari atau barang-barang penting.

Rempah lainnya yang sering digunakan adalah cengkeh dan kayu manis. Sejak dulu kedua jenis rempah ini sudah dikenal sebagai pengharum ruangan. Apalagi jika dibakar, aroma yang dikeluarkan akan lebih menusuk.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini