nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berniat Membeli Berlian? Ini Tips dan Triknya Agar Tidak Mudah Tertipu

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Sabtu 21 Oktober 2017 16:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 21 194 1799868 berniat-membeli-berlian-ini-tips-dan-triknya-agar-tidak-mudah-tertipu-hDpMtEQk11.jpg

BERLIAN termasuk salah satu batu permata mewah. Tidak semua orang bisa membeli dan memiliki berlian karena harganya yang sangat tinggi. 

Sama halnya seperti emas dan barang mewah lainnya, berlian juga bisa jadi barang investasi jangka panjang. Jika memiliki banyak rezeki dan berniat ingin membeli berlian, pastikan Anda sudah mengenali dengan pasti bagaimana ciri berlian asli dan berkualitas agar Anda tidak tertipu. 

Ditemui Okezone di Jakarta, Devi Cahyadi, GG. Ajp., seorang pakar batu permata memberikan 4 tips dan trik yang bisa menjadi pegangan saat akan membeli berlian. Perhatikan dengan teliti, karena berlian bukanlah barang murah jadi banyak hal detail yang harus menjadi perhatian. 

Kenali 4 Cs

Setiap hendak membeli berlian, pastikan Anda sudah memahami 4 Cs. Ini adalah kode yang harus digunakan ketika hendak membeli berlian. Kode standard ini diterapkan secara Internasional. 4 Cs terdiri dari Cut, Color, Clarity dan Carat. Keempatnya mempengaruhi berlian dari segi bentuk potongan, karakter warna berlian, kejernihan berlian serta beratnya berlian. " Kalau kenal kenal 4 Cs ini maka artinya tidak bisa membeli berlian," kata Devi

Cek harganya

Jika Anda sudah mengetahui 4 Cs maka selanjutnya yang harus diperhatikan adalah harga. Harga berlian selalu berubah namun selalu menggunakan 1 harga standard internasional. Harga ini bisa dilihat dalam tabel khusus yang biasanya ada di toko perhiasan. Dari tabel ini Anda bisa mengetahui pasaran harganya, jangan termakan iming-iming harga berlian murah karena bisa saja berlian tersebut palsu atau berkualitas jelek. 

Pertanyakan dokumen 

Setiap berlian asli memiliki dokumen resmi yang berlaku secara internasional. Pastikan jika membeli berlian, Anda disertai dengan sertifikat resmi. Tapi meskipun memiliki sertifikat, jangan langsung percaya 100 persen. Anda juga harus melihat dengan jelas berlian secara detail. Bisa saja berlian memiliki tanda lahir yang membuatnya tampak seperti cacat. 

Beli di toko terpercaya

Membeli berlian jangan di sembarangan tempat. Kenali tokonya dan pastikan toko perhiasan tersebut memiliki izin yang jelas. Kenapa? Karena jika terjadi masalah pada berlian, Anda bisa meminta pertanggungjawaban.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini