100 Penderita Katarak di Tulungagung Dapatkan Operasi Gratis dari MNC Peduli-Yayasan Jalinan Kasih

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Minggu 22 Oktober 2017 17:17 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 22 481 1800230 100-penderita-katarak-di-tulungagung-dapatkan-operasi-gratis-dari-yayasan-jalinan-kasih-4b9blE6gHz.jpg MNC Peduli-Yayasan Jalinan Kasih bersama PERDAMI gelar operasi katarak gratis di Tulungagung (Foto:MNC)

SEBANYAK 100 penderita katarak di Tulungagung, Jawa Timur mendapat kesempatan melakukan operasi gratis. Bantuan ini merupakan kegiatan bakti sosial dari MNC Peduli- Yayasan Jalinan Kasih.

Bekerja sama dengan PERDAMI (Persatuan Dokter Spesialis Mata) Cabang Malang Raya, MNC Peduli- Yayasan Jalinan Kasih menggelar baksos ini pada Sabtu 21 Oktober 2017. Acara ini digelar untuk memberikan bantuan medis kepada masyarakat yang terkendala biaya untuk melakukan operasi katarak.

Ketua 1 Yayasan Jalinan Kasih, Syafril Nasution mengatakan bahwa kegiatan katarak ini merupakan salah satu kegiatan sosial dalam rangkaian HUT MNC Group ke-28 yang jatuh pada 2 November 2017.

BACA JUGA:

OKEZONE WEEK-END: 4 Rempah-rempah Ini Dapat Dijadikan Antibiotik

Bantuan operasi katarak sendiri tidak hanya digelar di Tulungagung saja. Syafril mengatakan kegiatan ini akan direncanakan untuk digelar di beberapa kota lainnya di Jawa Timur.

"Ke depannya akan direncanakan pula untuk kegiatan baksos katarak di kota-kota lainnya di Jawa Timur, dengan harapan agar masyarakat yang membutuhkan dapat menjalani kehidupan yang lebih baik lagi," ujar Syafril dalam siaran pers yang diterima Okezone, Minggu (22/10/2017).

Para peserta baksos kali ini berasal dari kalangan masyarakat pra sejahtera dan tidak hanya datang dari wilayah Tulungagung. Namun ada juga beberapa pasien yang berasal dari Blitar dan Trenggalek.

BACA JUGA:

OKEZONE WEEK-END: Kabar Baik! 4 Jenis Rempah Ini Bisa Jadi Solusi...

Dalam acara ini, pasien yang mendaftar untuk pemeriksaan awal mencapai lebih dari 200 orang sebelum dilakukan screening pemeriksaan medis. Sedangkan untuk baksos saat ini ditargetkan dapat membantu 100 pasien yang layak secara medis untuk di operasi.

Masyarakat yang mendapat bantuan ini begitu antusias. Tak dipungkiri bahwa kegiatan bakti sosial semacam ini telah dinanti-nantikan masyarakat. Sebab, kegiatan baksos operasi gratis untuk penderita katarak termasuk jarang dilakukan. Ke depan,  MNC Peduli- Yayasan Jalinan Kasih berharap dapat memberikan bantuan serupa.

Acara bakti sosial ini juga ditandai dengan penyerahan papan simbolis kegiatan baksos katarak oleh Syafril Nasution kepada dr. Nina Handayani Sp.M yang merupakan Ketua Seksi Pengabdian Masyarakat Penanggulangan Buta Katarak Perdami Malang Raya. Ia didampingi oleh Anna Sapti Saripah, S.K.M selaku Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Kabid P2 P) Dinas Kesehatan Tulungagung dan Hanik Mudayati, SST. M. Kes selaku Kepala UPTD Puskesmas Ngunut.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini