nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cuci dengan Sabun dan Air Hangat, Cara Simpel Merawat Perhiasan Berlian!

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Senin 23 Oktober 2017 17:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 23 194 1800742 cuci-dengan-sabun-dan-air-hangat-cara-simpel-merawat-perhiasan-berlian-3bcENMNI9p.jpg Perhiasan berlian (Foto: Huffingtonpost)

MEMILIKI perhiasan dengan permata berlian rasanya belum bisa dirasakan semua perempuan, tapi ketika berkesempatan memilikinya, pastikan Anda menjaga dengan benar. Merawat perhiasan berlian ternyata tidaklah sulit lho.

Dikatakan Devi Cahyadi GG. Ajp, seorang ahli batuan permata di Indonesia, merawat perhiasan berlian tidaklah sulit karena batu ini memiliki sifat alami yang kuat. Namun tetap saja perhiasan berlian harus dibersihkan secara berkala dan disimpan dengan cara yang benar.

Ditemui di Jakarta belum lama ini, perempuan ramah yang akrab disapa Devi ini membagikan tips dan triknya untuk Anda. Simak untuk menjaga berlian tetap berkilau, Senin (23/10/2017).

BACA JUGA:

Bersihkan dengan sabun dan air hangat

Pastikan perhiasan dengan berlian ini selalu dalam keadaan bersih, apalagi saat akan disimpan. Berlian secara alami memiliki sifat mengikat minyak dan debu, Jadi setelah dipakai, perhiasan berlian harus dibersihkan terlebih dulu. Caranya simpel, siram dengan air hangat lalu beri sedikit sabun, sikat menggunakan sikat gigi berbulu lembut agar setiap celah perhiasan bersih. Setelah bersih, bilas dengan air hangat dan keringkan dengan lap kain yang lembut.

Simpan dalam kotak sendiri

Jika memiliki perhiasan berlian, jangan pernah mencampur perhiasan ini dengan perhiasan lainnya termasuk emas dan berlian juga. Jika disimpan dalam wadah yang sama dikhawatirkan bisa saling menggores. Berlian bukan hanya bisa menggores berlian lainnya tapi juga bisa menggores emas. Berlian lebih keras dari emas, jadi bisa saja emas terus tergores dan menjadi lecet. Jika goresannya sangat banyak maka akan membuat emas tampak butek atau buram dan tidak lagi mengilap.

BACA JUGA:

Jangan pakai perhiasan saat bekerja di rumah atau berenang

Berlian biasanya disandingkan dengan emas sebagai pengikatnya. Hal yang harus Anda ingat ketika mengenakan perhiasan emas dengan berlian adalah jangan pernah memakainya saat melakukan pekerjaan rumah tangga atau berenang. Kenapa? Karena banyak cairan pembersih yang mengandung klorin, begitupula dalam air kolam renang. Dalam jumlah banyak, klorin akan membuat emas menjadi lunak. Hal yang dikhawatirkan adalah ketika emas melunak maka kaitannya akan menganga dan membuat berlian hilang karena terlepas dari perhiasan emas.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini