nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Barli Asmara Angkat Pesona Keindahan Batik dan Songket Jambi di Panggung Jakarta Fashion Week 2018

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 23 Oktober 2017 20:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 23 194 1800938 barli-asmara-angkat-pesona-keindahan-batik-dan-songket-jambi-di-panggung-jakarta-fashion-week-2018-4aE693KM0V.jpg

RASANYA semua masyarakat Indonesia sudah paham bahwa batik dan songket, merupakan warisan kebudayaan kebanggaan Indonesia yang perlu dilestarikan dan dikembangkan keberadaannya. 

Pasalnya, walaupun batik dan songket merupakan salah satu warisan budaya yang membanggakan, sayangnya pengrajin batik dan songket masih cenderung termajinalkan, dengan masalah yang dihadapi apalagi kalau bukan soal para pengrajin batik dan songket tradisional masih minimnya soal pengetahuan soal bagaimana cara yang tepat untuk memasarkan dan membuat gaung batik dan tenun agar bisa lebih populer atau dengan kata lain lebih eksis di kalangan masyarakat luas. Salah satunya batik dan motif Jambi. 

Melihat kondisi inilah, salah satu desainer kenamaan Indonesia, Barli Asmara mengeluarkan koleksi menggunakan batik dan songket motif Jambi untuk dipresentasikan di panggung runway bergengsi, Jakarta Fashion Week 2018 hari ketiga, Senin, 23 Oktober 2017. 

BACA JUGA:

Hujan Katak hingga Hujan Darah, 5 Fenomena Hujan Paling Menakutkan di Dunia

5 Desainer Indonesia Tampil di Los Angeles Fashion Week 2017

Foto Perdana Menteri Jepang saat Makan Es Krim Bikin Heboh

Batuk Tidak Kunjung Sembuh, Ini yang Dilakukan Tata Eks Tommy Soeharto, Meski Berat Hasilnya Menakjubkan

Untuk pagelaran busana kali ini, Barli mengangkat tema "Kain Negeriku Jambi" , yang mengusung tema delapan motif Jambi yakni motif batang hari, motif daun karet, motif durian pecah, motif sawit, motif tampu manggis (diambil dari museum Jambi) lalu ada juga motif rotan, kemudian motif bungan sepatu, dan terakhir ada motif kelupaku. 

Kedelapan ragam motif batik dan songket Jambi ini dituangkan dalam puluhan outfit busana bersiluet potongan elegan, klasik, glamor, gaun malam, potongan A-line, potongan mermaid, dan beberapa menggunakan layer atau buntut. 

Untuk material bahan, membuat koleksi Kain Negeriku Jambi ini dengan memakai kain sutra, semi sutra kembang, viscose, sifon, dan organdi dengan warna-warna pastel sebagai ciri khas seperti baby pink, light blue, peach, hingga ungu muda. 

Sementara itu, Barli sendiri diketahui sebagai Duta Jambi 2017 juga telah melakukan pembinaan, workshop, dan sosialisasi untuk pengembangan motif dan warna dari kain batik dan songket Jambi, selama kurang lebih sepuluh bulan terakhir ini. 

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini