WALK & WOK: Seruput Minuman Rempah Khas Turki yang Disajikan Dingin, Segar tapi Tetap Menghangatkan Tubuh

Dada Sathilla, Jurnalis · Senin 23 Oktober 2017 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 23 298 1800528 walk-wok-seruput-minuman-rempah-khas-turki-yang-disajikan-dingin-segar-tapi-tetap-menghangatkan-tubuh-qZ0iAi5XCP.jpeg Boza minuman rempah khas Turki yang disajikan dingin (Foto: Dada Sathilla/Okezone)

UNTUK menghangatkan badan saat musim dingin, Turki menciptakan Boza. Yaitu suatu minuman yang berbahan dasar malt dan kayu manis. Uniknya, Boza disajikan dingin namun tetap bisa menghangatkan badan peminumnya. Aromanya yang tajam serta rasanya yang manis seperti puding membuat banyak orang ketagihan minum Boza.

Minuman tradisional Turki Boza terbuat dari berbagai bahan yang bisa menghangatkan tubuh seperti malt, bulgur, nasi, gula, ragi dan air. Membuat Boza memerlukan waktu karena ini merupakan minuman fermentasi. Sebelum minuman disajikan, Boza akan ditambahkan bubuk kayu manis dan buncis panggang. Rasa Boza sungguh manis juga asam, dan aromanya harum serta tajam. Saat pertama kali mencobanya, Boza mungkin akan terasa aneh karena minuman ini kental, hampir seperti puding. Namun karena rasanya yang enak, banyak yang kemudian jadi ketagihan minum Boza.

Boza dikenal sebagai minuman penghangat badan saat musim gugur dan musim dingin. Kandungan bahan - bahannya termasuk kayu manis bisa membuat peminumnya merasa hangat serta kuat. Pada masa pemerintahan Ottoman, Boza merupakan minuman para prajurit Ottoman agar mereka lebih kuat. Selain itu, meminum Boza juga memberi manfaat baik bagi ibu menyusui karena menambah volume ASI. Boza disebut sebagai minuman sehat karena mengandung protein dan tinggi karnohidrat.

Uniknya meski Boza bermanfaat menghangatkan badan, ia dihidangkan dingin. Boza identik dengan musim dingin karena efek menghangatkan badan yang dihasilkan minuman tradisional Turki ini, bukan karena dihidangkan hangat. Karena disajikan dingin, Boza cocok juga diminum saat hari panas lho.

Karena sangat terkenal, Boza mudah didapatkan di mana saja di Turki mulai di restoran hingga pedagang kaki lima. Boza juga dijual di hampir setiap supermarket di Turki. Bila ingin membuat sendiri, Boza juga mudah dibuat di rumah.

Bulgur, nasi dan air direbus di dalam panci hingga lembek. Kemudian disaring hingga kering dan dijemur di bawah matahari selama 2 jam. Bahan - bahan ini kemudian dimasukkan ke dalam panci lagi bersama dengan segelas air dan satu sendok teh ragi dan gula. Lalu ditutup dan didiamkan selama 20 jam. Tambahkan gula setelah 20 jam dan aduk, lalu simpan di kulkas. Saat akan dihidangkan tinggal ditambahkan bubuk kayu manis dan buncis panggang.

Karena difermentasi, Boza mengandung alkohol rendah sebesar 1%. Selain terkenal di Turki, Boza juga populer di Kazakhstan, Kyrgyzstan, Albania, Kosovo, Bulgaria, Montenegro, Bosnia dan Herzegovina, Macedonia, Romania, Serbia dan Ukraina. Bila ingin mencicipi nikmatnya Boza tinggal memesannya ke restoran Turki yang ada di kota anda.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini