Share

Sedapnya Nasi Briyani, Masakan Kaya Rempah Khas India yang Menggugah Selera

Dada Sathilla, Okezone · Senin 23 Oktober 2017 11:41 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 23 298 1800565 sedapnya-nasi-biryani-masakan-kaya-rempah-khas-india-yang-menggugah-selera-aUQ5FdHbyR.jpg Nasi biryani (Foto: Dada Sathilla/Okezone)

MAKANAN India identik dengan bumbu rempah-rempah yang membuat rasa dan baunya khas. Seperti nasi briyani yang biasa dimasak bersama daging ayam atau domba. Budaya India yang besar pengaruhnya ke berbagai negara lain terutama di Asia Selatan dan Tenggara membuat makanan India termasuk nasi briyani mudah ditemukan dan memiliki versinya di masing - masing negara.

Siapa yang tak kenal nasi briyani. Penggemar masakan India, Arab dan negara timur tengah lainnya pasti pernah menyantap makanan utama berbasis rempah-rempah ini. Nasi briyani bisa ditemukan di restoran India, Pakistan, Afghanistan, Arab, Malaysia, Singapura hingga Indonesia. Di beberapa negara, nasi briyani memiliki versinya sendiri. Di Indonesia, ia dikenal dengan nama nasi kebuli. Di Afghanistan dikenal sebagai Kabuli Palaw. Di Myanmar namanya menjadi Danbauk.

Kepopuleran nasi briyani tentunya karena rasa dan baunya yang khas rempah-rempah. Nasi briyani memang dibuat dengan banyak menggunakan rempah-rempah. Pala, gada, cengkeh, lada, kapulaga, kayu manis, jahe, daun salam, daun mint, dan ketumbar merupakan bumbu utama masakan ini. Kunyit juga kadang digunakan untuk membuat variasi briyani khusus.

Semua bumbu rempah-rempah ini dimasak bersama nasi dan daging ayam atau domba. Selain dengan daging, ada pula varian nasi biryani vegetarian di mana daging diganti dengan sayuran dan buah-buahan seperti apel, nanas, dan kurma, juga dengan bahan makanan yang manis seperti kacang mede dan kismis. Seperti halnya masakan lainnya, nasi biryani paling enak disantap saat masih hangat. Hmm..laziis...

Meski dikenal sebagai masakan asli India, nasi biryani sebenarnya dibawa masuk ke India oleh dinasti Mughal dari Persia. Ada pula pendapat yang menyatakan nasi briyani dikenalkan oleh para pedagang Arab yang datang ke India bagian selatan.

Tapi darimanapun asalnya, nasi biryani kini telah identik dengan India. Karena budaya India lumayan kuat mempengaruhi budaya negara-negara di sekitarnya, nasi briyani mudah ditemukan di berbagai restoran Arab dan negara Asia Selatan lainnya.

Bila traveling ke negara-negara Asia Tenggara, nasi briyani juga bisa ditemukan di Singapura dan Malaysia. Populasi warga keturunan India di kedua negara tersebut membuat restoran India mudah ditemukan. Misalnya di kawasan Little India di Singapura. Di Indonesia, nasi briyani bisa ditemukan di restoran India dan Arab. Juga di warung dan restoran yang menyediakan nasi kebuli.

Di negara yang populasi warga keturunan India atau Asia Selatannya sedikit, seperti Vietnam, ternyata tak membuat nasi briyani hilang dari peredaran. Di Hanoi misalnya, nasi briyani bisa ditemukan di restoran Little India dengan harga 200.000 dong atau Rp.100.000,00 seporsi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini