Share

4 Kebiasaan Buruk Sering Dianggap Sepele saat Memasak, Malas Panaskan Wajan Salah Satunya

Dimas Andhika Fikri, Okezone · Selasa 24 Oktober 2017 06:35 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 23 298 1800728 4-kebiasaan-buruk-sering-dianggap-sepele-saat-memasak-malas-panaskan-wajan-salah-satunya-sjdBuVmheq.jpg Kesalahan dalam memasak (Foto:Food)

SEKILAS, memasak memang terlihat praktis dan mudah untuk dilakukan. Namun pada kenyataannya, kegiatan ini memerlukan beberapa keahlian dan trik khusus agar hasil masakan menyuguhkan sensasi rasa lezat.

Hal tersebut seringkali dianggap sepele oleh sebagian orang, dan tanpa disadari mereka kerap melakukan kebiasaan buruk saat sedang memasak di dapur. Selain mempengaruhi rasa masakan, kebiasaan ini juga dapat merusak peralatan dapur Anda. Berikut Okezone rangkumkan 4 kebiasaan buruk yang sering dilakukan banyak orang ketika memasak, sebagaimana dilansir dari Mashed, Selasa (24/10/2017).

BACA JUGA:

Foto Perdana Menteri Jepang saat Makan Es Krim Bikin Heboh Netizen di Media Sosial

Tidak mengikuti resep

Anda mungkin suka bereksperimen saat memasak, hal seperti ini sebaiknya dihindari saat membuat olahan kue. Alasannya? Resep kue telah diatur sedemikian rupa agar sesuai dengan perhitungan sains, sehingga jika diubah akan memengaruhi hasil akhir. Saat memanggang juga harus diperhatikan beberapa poin penting seperti rasio pengempuk adonan yang tepat (lemak, gula, dan pengembang), dan juga rasio pengeras adonan (tepung, terigu, air, dan putih telur). Selain itu, suhu oven juga disarankan sama dengan buku resep agar kue matang secara sempurna.

Tidak menggunakan bahan kering dalam jumlah tepat

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa memanggang kue termasuk salah satu kegiatan sains, sehingga poin terpenting dalam prosesnya adalah pengukuran bahan. Oleh karena itu, Anda diwajibkan untuk mengukur bahan-bahan kue favorit sebelum mencampurkannya. Sebelum mengukur bahan, pastikan bahwa alat yang Anda gunakan sudah tepat dan benar. Hal ini disebabkan karena beberapa alat pengukur memiliki takaran masing-masing, sehingga tidak bisa digunakan sekaligus untuk menakar bahan cair atau kering.

 

Tidak memanaskan wajan atau oven terlebih dahulu

Pernah memasak telur orak-arik di atas wajan namun membutuhkan waktu yang cukup lama hingga matang? Ini karena wajan yang Anda gunakan belum terlalu panas untuk digunakan. Begitupun dengan oven. Saat memanggang kue, pastikan oven yang hendak Anda gunakan telah dipanaskan sesuai dengan suhu yang dianjurkan buku resep agar kue dapat mengembang dengan sempurna. Jika ingin memasak tumisan, Anda bisa memanaskan wajan dengan minyak yang ditaruh di atasnya. Wajan siap dipakai untuk memasak ketiak percik minyak sudah mulai terlihat.

BACA JUGA:

WALK & WOK: Seruput Minuman Rempah Khas Turki yang Disajikan Dingin, Segar tapi Tetap Menghangatkan Tubuh

Tidak menggunakan garam yang pas

Konsumsi garam yang terlalu berlibahan memang tidak bagus untuk kesehatan. Namun tahukah Anda, 75% sodium yang masuk ke dalam tubuh manusia setiap harinya berasal dari makanan yang dibeli di luar rumah. Menurut penelitian, pemakaian garam dari masakan rumahan hanya menyumbang sekitar 5-6% asupan garam per hari. Perlu diketahui, penambahan garam pada masakan memang sangat penting untuk menambah cita rasa makanan. Namun ada beberapa cara terbaik untuk menambahkan bumbu dapur ini yaitu, menambahkan garam di akhir proses masak. Cara tersebut akan membuat garam meresap secara sempurna ke dalam makanan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini