nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Boros saat Belanja Bulanan di Supermarket? Simak Caranya Jadi Smart Shopper!

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 23 Oktober 2017 16:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 23 298 1800758 boros-saat-belanja-bulanan-di-supermarket-simak-caranya-jadi-smart-shopper-v6YwBJCyTL.jpg Belanja bulanan (Foto: Thelala)

TIDAK disangkal, kegiatan belanja bulanan alias grocery shopping memang selalu menyenangkan. Sehingga tidak sedikit orang yang merasa terlalu senang, bersemangat saat belanja bulanan.

Alhasil, setiap usai belanja bulanan barulah tersadar sudah banyak membeli barang yang sebenarnya tidak diperlukan atau dengan kata lain Anda telah belanja dengan boros. Lalu bagaimana agar bisa belanja bulanan sesuai budget yang ada? Berikut uraian tipsnya, sebagaimana disitat Thekitchn, Senin (23/10/2017).

BACA JUGA:

Hujan Katak hingga Hujan Darah, 5 Fenomena Hujan Paling Menakutkan di Dunia

5 Desainer Indonesia Tampil di Los Angeles Fashion Week 2017

Tentukan jumlah uang

Hal pertama yang harus dilakukan adalah, menentukan budget alias dana yang akan dikeluarkan. Jika perlu, berhitunglah dengan seksama menggunakan kalkulator, walaupun konvensional namun efektif untuk mengetahui seberapa besar dana yang bisa digunakan untuk grocery shoppig agar pengeluaran tidak membludak.

Pakai amplop

Memakai amplop di sini maksudnya ialah, jika Anda masih baru dalam hal menyusun pendanaan atau kurang lihai soal budgeting. Awali metode budgeting dengan metode amplop, yakni memisahkan pos-pos dana ke dalam berbagai amplop sesuai kebutuhan.

Setelah mengetahui seberapa besar pengeluaran untuk berbelanja bulanan atau mingguan di supermarket, masukkan ke dalam amplop lalu bawa amplop dana tersebut untuk berbelanja. Dengan ini Anda akan jelas bisa melihat apakah Anda belanja sesuai dana atau tidak terkontrol.

Unduh aplikasi budgeting 

Smartphone banyak kegunaannya loh! Jangan hanya digunakan untuk bermain sosial media saja, tapi manfaatkan juga untuk mempermudah untuk menyusun dana belanja. Unduhlah aplikasi budgeting yang banyak tersedia, yang bisa disinkronisasikan dengan akun tabungan sehingga bisa mempermudah untuk menyusun dana pengeluaran, mencatat semua tranksaksi belanja, bahkan ada juga yang sampai bisa memberikan peringatan ke surel apabil sudah over-budget.

Buat rencana menu

Menyusun menu makan dan dana pengeluaran untuk belanja di supermarket sangat saling berhubungan satu sama lain. Buatlah rencana menu makanan yang akan dibuat, lalu setelahnya daftar belanjaan akan mengikuti perencanaan menu tersebut. Dengan ini paling tidak dapat  menghindari membeli bahan-bahan makanan yang tidak berada di dalam daftar menu dan bahan makanan tidak perlu.

BACA JUGA:

Foto Perdana Menteri Jepang saat Makan Es Krim Bikin Heboh

Batuk Tidak Kunjung Sembuh, Ini yang Dilakukan Tata Eks Tommy Soeharto, Meski Berat Hasilnya Menakjubkan

Catat di kertas

Zaman sudah canggih, namun keberadaan kertas dan pulpen masih sangat diperlukan ketika berbelanja bahan-bahan makanan loh! Entah itu Anda memiliki rencana menu atau tidak, menggunakan pulpen dan kertas untuk mencatat segala belanjaan akan sangat menolong.

Sebelum pergi ke supermarket, jangan lupa untuk membawa daftar belanjaan, lalu bawa juga pulpen di dalam tas, setelah berada di toko biasakan untuk mencatat semua harga dari semua daftar belanjaan. Dengan ini akan membuat Anda memperhatikan terus menerus barang dan biaya yang dikeluarkan, sebelum membayar ke kasir luangkan waktu sejenak untuk memeriksa perbandingan total daftar belanjaan dengan jumlah dana yang sebetulnya ingin dibelanjakan.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini