nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gawat! 94 Ribu Penduduk Madagaskar Tewas Akibat Wabah Pes

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 23 Oktober 2017 11:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 23 481 1800542 gawat-94-ribu-penduduk-madagaskar-tewas-akibat-wabah-pes-G9WhEZh5Pf.jpg Virus Pes (Foto: Zeenews)

PENYAKIT pes bisa sangat mematikan manusia yang disebarkan lewat virus. Salah satunya wilayah Madagaskar kena wabah tersebut, dan sekira 94 ribu orang tewas.

Belakangan ini, pulau yang terkenal lewat film Madagaskar tersebut sangat mengkhawatirkan. Sejak Agustus 2017, pemerintah curiga dengan penyebaran wabah tersebut.

Direktur Darurat WHO di Afrika Ibrahima Soce Fall mengatakan, ada 1.153 kasus pes yang dicurigai sejak Agustus. Ini sangat mengkhawatirkan, karena pada saat itu mulai menyerang kota-kota daripada daerah pedesaan.

Wabah ini menyebabkan seseorang menderita pneumonia. Bentuk penyakitnya mematikan dengan gejala yang menyerang saluran pernapasan.

Sebenarnya, wabah tersebut sudah terlihat bila dibandingkan dengan 3.248 kasus dan 584 kematian yang dilaporkan pada 2010-2015. Bahkan, banyak negara-negara yang tergolong endemik.

Fall menambahkan, Madagaskar salah satu wilayah yang berisiko dengan wabah ini. Karena sudah meluas, bahkan sulit dicegah.

"Wabah pes telah meluas di Madagaskar dan sebagian wilayah Afrika lainnya," ungkap Fall.

Untuk pengobatan tahap awal, WHO telah mengirimkan antibiotik ke Madagaskar. Obat tersebut diharapkan dapat menyembuhkan 5.000 pasien. Obat tersebut berupa dosis profilaksis yang juga diberikan pada 100.000 orang yang berisiko. Termasuk juga pemberian perangkat pelindung diri berjumlah 150.000.

Sekira 2.000 petugas kesehatan juga sedang melacak orang-orang yang pernah berhubungan dengan penderita wabah. Karena orang-orang tersebut memungkinkan penyakit ini dikendalikan dengan cepat.

Penyakit pes merupakan serangan infeksi yang ditularkan melalui virus dari hewan ke tubuh manusia. Biasanya seseorang yang terkena dampak pes karena tinggal di lingkungan yang kotor.

Sejatinya, penularan wabah pes dapat dicegah dengan vaksinasi. Bahkan, Anda juga harus menjaga kebersihan lingkungan setiap hari.

Dalam kehidupan sehari-hari, pentingnya melakukan kebiasaan cuci tangan pakai sabun juga salah satu pencegahan tertular virus berbahaya yang merugikan Anda. Demikian dilansir Zeenews, Senin (23/10/2017).

(ren)

Berita Terkait

Wabah Pes

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini