nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Selalu Jadi Pertanda Kanker, Ini 5 Penyebab dari Nyeri Payudara!

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 23 Oktober 2017 12:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 23 481 1800599 tak-selalu-jadi-pertanda-kanker-ini-5-penyebab-dari-nyeri-payudara-xzvsAcgdsA.jpg Ilustrasi (Foto: Mybeautygym)

KANKER payudara merupakan salah satu penyakit yang ditakuti oleh hampir seluruh wanita di dunia. Karena itu, ketika merasakan ada yang aneh pada payudara, biasanya wanita akan mulai panik, termasuk nyeri.

Beberapa wanita menganggap nyeri atau sakit pada payudara pasti pertanda kanker. Memang benar, tapi tidak selalu nyeri pada payudara merupakan gejala kanker.

Ada beberapa penyebab nyeri pada payudara. Berikut beberapa penyebab nyeri payudara selain kanker yang dilansir dari laman Boldsky:

Hamil

Payudara yang sakit atau bengkak seringkali merupakan tanda awal kehamilan. Karena hormon, payudara Anda bisa tumbuh lebih cepat dari tubuh. Seiring tingkat estrogen meningkat, mereka dapat meningkatkan ukuran saluran susu yang akan menyebabkan nyeri dan payudara lebih sensitif. Inilah salah satu alasan mengapa payudara Anda nyeri.

Memakai ukuran bra yang salah

Sebagian besar wanita, mungkin termasuk Anda, memakai ukuran bra yang salah. Bra yang dipasang dengan buruk dan bahan abrasif (keras) adalah penyebab dari nyeri payudara.

Memiliki infeksi

Saluran susu yang terhambat, rambut yang tumbuh ke dalam, kelenjar keringat yang tersumbat dan penyakit bakteri dapat menyebabkan infeksi di payudara. Infeksi ditandai dengan kemerahan, bengkak dan nyeri yang bisa menyebabkan puting mengeluarkan nanah atau darah.

Minum pil KB

Setiap oabt yang mengubah hormon Anda, berpotensi menyebabkan nyeri payudara dan memiliki efek samping. Pelakunya yang paling sering adalah pil KB, dan obat ini dapat meningkatkan kadar estrogen.

Sedang menyusui

Pertumbuhan payudara selama kehamilan bisa menyebabkan banyak rasa sakit. Masa menyusui juga bisa menyebabkan banyak rasa sakit untuk Anda.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini