nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dokter Ungkap Fakta Mengejutkan, Makan Mentega Lebih Ampuh ketimbang Sikat Gigi

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 23 Oktober 2017 13:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 23 481 1800612 dokter-ungkap-fakta-mengejutkan-makan-mentega-lebih-ampuh-ketimbang-sikat-gigi-aukJDg4mBa.JPG

MEMBERSIHKAN gigi merupakan kewajiban yang sepertinya tidak akan terlewatkan di pagi dan malam hari Anda. Kondisi mulut yang kotor tentunya akan memengaruhi kepercayaan diri Anda.

Namun, ada masalah yang kadang sulit untuk terpecahkan, yaitu sudah sesuai dengan anjuran dokter terkait dengan tehnik dan alat membersihkan gigi, tapi kok masih saja punya masalah gigi?

Bahkan, apakah Anda pernah menggosok gigi sampai dua kali karena dirasa di sikatan pertama, kotoran di gigi Anda belum hilang seluruhnya?

Dr Steven Lin dari Australia coba menjelaskan masalah ini. Menurutnya, menyikat dan membersihkan gigi yang diajarkan dokter gigi tidak cukup untuk mencegah gigi berlubang dan kerusakan enamel gigi yang berbahaya.

Sementara itu, apa yang Anda konsumsi menjadi hal utama yang akhirnya menentukan seberapa baik kah gigi Anda! Kenapa bisa begitu?

(Baca Juga: Satu Kamar dengan Miss India, Achintya Nilsen: Dia Bawa Makanan Banyak, Kita Enggak Kelaparan)

Dr Lin mengatakan bahwa kecukupan empat vitamin penting seperti vitamin A, K2, D, dan E, yang terkandung di makanan Anda setiap harinya menjadi kuncian utama dalam menjaga kualitas gigi Anda.

"Aku akan mengatakan sesuatu yang bisa mengejutkan Anda! Pasta gigi tidak begitu penting dibandingkan dengan nutrisi gigi yang tepat," kata Dr Lin, seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (23/10/2017).

Dr. Lin menambahkan, masalah mendasar dari kondisi ini bermuara pada nutrisi yang Anda konsumsi. Dia mengklaim bahwa pada asupan harian, kebanyakan orang tidak mencukupi kebutuhan empat vitamin yang baik untuk gigi. Karena itu juga, akhirnya kondisi gigi Anda tetap buruk meskipun Anda rutin menyikat gigi pagi dan malam.

(Baca Juga: Alamak! 6 Jenis Parfum Ini Menjijikkan, Mulai dari Bau Mayat, Ganja hingga Miss V)

Lebih lengkap lagi, Dr Lin coba memaparkan secara lengkap bagaimana empat vitamin itu berfungsi dalam menjaga kesehaan gigi.

Tanpa cukup vitamin A, mulut Anda tidak akan menghasilkan cukup air liur yang bisa menghilangkan bakteri berbahaya. Dia menjelaskan bila Anda tidak mendapatkan cukup vitamin A, kelenjar air liur tidak dapat berfungsi dengan baik dan hal itu dapat menyebabkan lubang di permukaan email Anda.

Untuk Vitamin D, ini sangat penting bagi pembentukan tulang yang kuat. Tapi, bukan hanya itu fungsi vitamin D.

"Sebenarnya ada sedikit sistem kekebalan dalam gigi Anda yang disebut odontoblasts, yang mana sistem ini membutuhkan vitamin D. Ordontoblasts Anda adalah sel-sel gigi yang menghasilkan dentin dan sangat penting untuk regenerasi gigi," papar Dr Lin.

(Baca Juga: Kasihan! Setelah Suaminya Direbut Palakor, Foto Bugil Istrinya pun Disebar Jadi Viral di Sosmed)

Kemudian, fungsi vitamin K2 untuk gigi adalah pengaktif suplemen kalsium bagi gigi. Jadi, kalau vitamin K2-nya sedikit, maka kalsium untuk gigi pun tidak maksimal. Contoh kasusnya seperti ini, ketika Anda kekurangan K2 saat mengkonsumsi kalsium, kandungan baik kalsium akan pergi ke ginjal, bukan ke gigi Anda.

"Makanya, sangat disarankan untuk mengonsumsi cukup mentega kaya vitamin K supaya penyerapan kalsium untuk gigi berjalan maksimal," tambahnya.

Terakhir, vitamin E yang mana kaya antioksidan. Vitamin ini memastikan tingkat bakteri di mulut Anda terkendali. Vitamin E juga mengatur mikrobiom di mulut Anda, yang mana mikroba ini dapat menyimpan virus, jamur, dan bakteri.

Semakin cukup Anda mengonsumsi vitamin E, maka semakin baik juga pembunuhan mikroba jahat di gigi.

(Baca Juga: Sedapnya Nasi Briyani, Masakan Kaya Rempah Khas India yang Menggugah Selera)

Dr Lin melanjutkan, bahwa tanpa keempat suplemen ini, gigi Anda tidak bisa terawat dengan benar. "Saya menyarankan Anda untuk melengkapi semua nutrisi tersebut, agar gigi Anda bisa terbebas dari masalah-masalah yang serius.”

Namun, sambung Dr Lin, menyikat gigi pun juga harus dilakukan agar kualitas gigi Anda tetap baik dan terjaga dari kotoran-kotoran penyebab masalah gigi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini