nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pencernaan yang Sehat Sejak Kecil Dapat Memperkuat Sistem Imun

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 23 Oktober 2017 17:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 23 481 1800788 pencernaan-yang-sehat-sejak-kecil-dapat-memperkuat-sistem-imun-6ysMUuN7px.jpg Ilustrasi anak sehat (Foto: Uvpublichealth)

BANYAK orang yang merasa mual atau hendak ke toilet ketika sedang merasa stres maupun gugup. Jika Anda termasuk dalam kategori tersebut, apakah Anda tahu penyebabnya? Rasa mual atau mulas yang muncul dalam kondisi tertentu terjadi karena adanya interaksi antara otak dengan sistem pencernaan. Proses interaksi ini dikenal dengan nama gut-brain axis.

Dengan adanya proses interaksi tersebut, kesehatan saluran cerna memengaruhi tumbuh kembang seorang anak. "Jika seorang anak sejak awal kehidupannya tidak mendapat nutrisi yang baik dan sering mengalami masalah pencernaan seperti diare, tinggi badan anak akan berkurang hingga 8 cm. Selain itu, ketahanan fisik dan kebugarannya akan menurun. Otomatis nantinya hal ini akan berpengaruh pada kepandaiannya. Anak jadi sering sakit dan apabila sudah sekolah sering absen sehingga tidak optimal menerima pelajaran," tutur dokter spesialis anak, dr Trully Kusumawardhani, SpA.

BACA JUGA:

Hujan Katak hingga Hujan Darah, 5 Fenomena Hujan Paling Menakutkan di Dunia

5 Desainer Indonesia Tampil di Los Angeles Fashion Week 2017

Dr Trully menyebut 80% sistem imunitas dan 40% kelenjar getah bening berada di dalam saluran pencernaan. Maka dari itu, tidaklah heran jika saluran pencernaan memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan anak. Untuk itu, saluran pencernaan harus menerima makanan yang membuat kondisinya baik yaitu makanan bergizi.

"Penting bagi anak untuk mengonsumsi makanan sehari-hari yang kandungan gizinya sesuai dengan kebutuhan. Makanan bergizi yang mudah dicerna, nutrisinya akan terserap dengan baik sehingga mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Selain itu, penyerapan nutrisi bisa menurunkan risiko anak terkena masalah pencernaan," tambah dr Trully.

Saluran pencernaan dapat bekerja dengan baik untuk menjalankan fungsinya jika ada kolonisasi mikrobiota atau bakteri baik di dalam usus. Bakteri baik dalam usus berperan dalam perkembangan anak sejak usia awal. Bakteri tersebut bisa melawan bakteri yang hendak menginfeksi tubuh, menghasilkan sistem imunitas dan memperlancar saluran pencernaan.

BACA JUGA:

Foto Perdana Menteri Jepang saat Makan Es Krim Bikin Heboh

Batuk Tidak Kunjung Sembuh, Ini yang Dilakukan Tata Eks Tommy Soeharto, Meski Berat Hasilnya Menakjubkan

Kembali lagi, agar saluran pencernaan anak baik, maka pembentukannya harus sempurna. Pembentukan itu terjadi pada saat anak berada dalam kandungan. Maka tak heran jika nutrisi yang baik harus diterima oleh anak pada 1000 hari pertama kehidupannya yang dimulai sejak berada dalam kandungan hingga usia 2 tahun. Saluran pencernaan yang sempurna dapat mengoptimalkan kinerja enzim dan bakteri baik untuk menghasilkan sistem imun yang kuat.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini