nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hati-Hati Ladies, Terlalu Banyak Minum Kopi Bisa Timbulkan Rasa Sakit di Payudara

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 24 Oktober 2017 08:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 23 481 1800937 hati-hati-ladies-terlalu-banyak-minum-kopi-bisa-timbulkan-rasa-sakit-di-payudara-1sRGRfygOS.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

HAMPIR semua orang suka minum kopi. Apalagi, kini minum kopi sudah seperti menjadi gaya hidup orang-orang yang hidup di era milenial.

Tapi, ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai kebiasaan minum kopi. Meskipun nikmat, perlu disadari kopi juga dapat memberikan beberapa efek samping, terutama jika diminum berlebihan.

Khusus untuk wanita, minum kopi berlebihan juga dapat berdampak pada payudara. Munculnya rasa sakit atau nyeri merupakan efek samping yang muncul akibat terlalu banyak minu kopi mengandung kafein.

Munculnya rasa sakit pada payudara memang sering dialami oleh beberapa wanita. Bahkan, penyebabnya tidak hanya terlalu banyak minum kopi.

Kebanyakan penyebab sakit pada payudara yang diketahui adalah gejala kanker, sedang menyusui, perubahan hormon atau minum pil KB. Tapi ada penyebab lain yang dapat menimbulkan rasa sakit pada payudara, dilansir dari Timesofindia:

Olahraga berlebihan

Karena terlalu banyak tekana dada, bra yang tidak mendukung dapat membuat dada sakit. Hal ini bisa terasa seperti nyeri payudara dalam beberapa keadaan.

Anda pernah mengalami trauma payudara

Sangat jarang menemukan yang tidak pernah mengalami trauma di dadanya. Terkena bola, tertekan sabuk pengaman dalam sebuah kecelakaan mobil, atau menjalani prosedur operasi pada payudara dapat menyebabkan rasa sakit di payudara.

Perubahan hormon

Penyebab paling umum dari nyeri payudara adalah perubahan hormon yang menyertai menstruasi Anda. Respon tubuh normal yang terjadi karena perubahan hormon adalah pembengkakan dan nyeri tekan pada payudara.

Minum kopi terlalu banyak

Meskipun kopi dan teh mungkin tidak langsung menyebabkan rasa sakit pada payudara, penelitian menunjukkan bahwa mengurangi kafein dapat membantu meminimalisir ketidaknyamanan. Hal ini terutama bagi wanita dengan jaringan payudara fibrokistik. Inilah salah satu alasan mengapa payudara Anda terasa sakit, ladies!

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini