nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Antisipasi Penuaan Dini, Ini 5 Cara Mencegah Munculnya Keriput di Wajah

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 24 Oktober 2017 10:49 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 24 194 1801207 antisipasi-penuaan-dini-ini-5-cara-mencegah-munculnya-keriput-di-wajah-ZntoABRmY7.jpg Ilustrasi (Foto: Marieclaire)

TERJADINYA proses penuaan pada kulit wajah memang tidak bisa dilawan. Namun, jika penuaan datang lebih awal karena tidak merawat wajah dengan benar tentu lain ceritanya.

Salah satu tanda penuaan ialah hadirnya keriput di wajah. Sama halnya dengan jerawat, kehadiran keriput di wajah tentu mengganggu penampilan, sehingga membuat seseorang menjadi kurang percaya diri.

(Baca juga: Demi Masa Depan Lebih Sehat, Leonardo DiCaprio Investasikan Kekayannya untuk Burger Vegan)

Well, sebenarnya ada lho yang bisa dilakukan untuk mencegah hadirnya keriput. Seperti apa caranya? Berikut ulasannya sebagaimana disitat Marie Claire, Selasa (24/10/2017).

1. Skin care 

Gunakan skin care yang tepat sesuai dengan tipe kulit wajah. Perhatikanlah tipe kulit apa yang dimiliki, apakah berminyak, kering, mudah berjerawat, dan lain-lain. Gunakan produk yang memang diformulasikan sesuai dengan tipe kulit wajah agar bisa menunjang kesehatan kulit wajah itu sendiri.

(Baca juga: Terlihat Masih seperti Gadis, Ini Rahasia Awet Muda Jamie Chua Sosialita Berusia 44 Tahun)

2. Tidak malas membersihkan wajah

Peraturan satu ini memang sangat klise dan simpel, tapi nyatanya banyak yang masih suka melanggarnya. Selelah apapun, jangan pernah absen untuk menghapus pulasan make-up dan membersihkan wajah sebelum tidur. Setelah membersihkan wajah, barulah eksfoliasi, mengaplikasikan toner, dan serum dengan kandungan anti-penuaan di wajah.

(Baca juga: Hati-Hati, Ini Dampak Buruk Terlalu Banyak Minum Air Putih)

3. Facial

Membersihkan wajah secara menyeluruh dan mendalam dengan facial, sebaiknya wajib dilakukan setidaknya sekali dalam satu bulan. Tidak hanya ideal untuk mencegah keriput, tapi juga menghancurkan bakteri penyebab datangnya jerawat. Jika tidak bisa sekali dalam sebulan, lakukanlah facial setidaknya 4 kali dalam satu tahun.

(Baca juga: Classic Modern Jadi Inspirasi ETU di Jakarta Fashion Week 2018)

4. Gunakan eye cream 

Memulai kebiasaan memakai eye cream sejak usia muda, disebutkan bisa sebagai upaya untuk mencegah terbentuknya formasi keriput di area sekitar mata loh. Di mana biasanya di area inilah, formasi keriput pertama hadir di wajah. Gunakakan eye cream yang punya formula melindungi sekaligus menutrisi.

5. Minum air

Selain mencegah dehidrasi, minum air mineral dalam jumlah cukup juga dapat dilakukan sebagai upaya pencegahan datangnya keriput. Sehari-hari, biasakanlah untuk langsung minum air mineral setelah bangun tidur, lalu tempatkan air mineral di samping tempat tidur setiap malamnya.

Selain itu, saat bekerja jangan lupa untuk selalu menempatkan air mineral di meja kerja. Selalu bawa botol tumblr berisi air mineral di dalam tas, lalu minumlah air mineral sebelum, saat, dan seusai olahraga.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini