Mengenal Lebih Dekat Ratu Lalla Salma, Si Ratu Cantik Pemutus Mata Rantai Poligami Kerajaan Maroko

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 24 Oktober 2017 12:45 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 24 196 1801288 mengenal-lebih-dekat-ratu-lalla-salma-si-ratu-cantik-pemutus-mata-rantai-poligami-kerajaan-maroko-i6avPXnQeN.jpg Ratu Lalla Salma (Foto: Mvslim)

BUKAN rahasia umum lagi jika seorang raja memiliki banyak permaisuri. Sebuah kebanggaan tersendiri bagi si raja jika bisa meminang banyak perempuan dan mengumpulkannya dalam satu kerajaan yang sama.

Kerajaan Maroko pun demikian. Poligami sudah menjadi budaya yang terbentuk sejak kerajaan ini terbentuk. Jadi, jangan heran kalau Anda mendengar raja Maroko punya istri dua bahkan lebih dari lima. Ya, memang seperti itu kulturnya.

(Baca juga: Demi Masa Depan Lebih Sehat, Leonardo DiCaprio Investasikan Kekayannya untuk Burger Vegan)

Tapi, budaya tersebut sudah hilang sekarang. Tepatnya pada 2003, Raja Mohammed VI mengubah undang-undang mengenai masalah ini. Hal tersebut tentunya mengubah sejarah kerajaan Maroko. Yang perlu Anda ketahui, sosok di belakang Raja Mohhammed VI yang memintanya untuk mengubah undang-undang itu adalah istrinya sendiri Ratu Lalla Salma.

(Baca juga: Terlihat Masih seperti Gadis, Ini Rahasia Awet Muda Jamie Chua Sosialita Berusia 44 Tahun)

Perempuan itu kemudian menjadi sorotan dunia. Bagaimana tidak, berkat tangan dinginnya, akhirnya peraturan yang mungkin tidak ingin diubah oleh semua raja, berhasil dia lumpuhkan. Dilansir dari Mvslim.com, alasan perempuan berusia 37 itu pun tidak sekadar cemburu.

(Baca juga: Hati-Hati, Ini Dampak Buruk Terlalu Banyak Minum Air Putih)

Menurut Ratu Salma, hak-hak perempuan pun harus diperhatikan. Ya, salah satunya masalah pernikahan raja tersebut.. Bagi Ratu Salma, perempuan harus dianggap sebagai manusia yang dewasa juga. "Bagaimana masyarakat bisa mencapai kemajuan sementara perempuan, yang mewakili setengah negara, melihat hak mereka dilanggar dan menderita karena ketidakadilan, kekerasan, dan marginalisasi?" kata Ratu Salma yang merupakan anak dari Abdelhamid Bennani dan Naïma Bensouda.

Sebelumnya, perempuan di Maroko telah diperlakukan sebagai anak-anak yang sah tanpa hak, tidak ada kesempatan untuk berbicara dalam kontrak pernikahan, dan akses cerai yang terbatas. Hal ini dianggap Ratu Salma sebagai bentuk ketidakadilan sudah sepatutnya diubah.

(Baca juga: Classic Modern Jadi Inspirasi ETU di Jakarta Fashion Week 2018)

Voila! Berkat penjelasannya yang memang sesuai dengan fakta dan bukti nyata, Ratu Salma pun berhasil membujuk suaminya untuk mengubah undang-undnag yang mengintimidasi kaum hawa di Maroko tersebut. Setelah pengesahan terjadi, Kerajaan Maroko pun sah menjalani peraturan setiap raja hanya boleh mempersunting satu perempuan. Tidak ada poligami lagi di Kerajaan Maroko!

Selain berperan sebagai tangan dingin perubahan sejarah Kerajaan Maroko, sosok ratu yang merupakan lulusan Ilmu Komputer di Rabat itu juga terkenal dengan kecantikannya. Perempuan berambut merah ini dinilai punya rasa fashion yang baik.

Kaftan merupakan item fashion yang menjadi ciri khasnya. Tak sekadar busana panjang menjuntai, kaftan yang dikenakan Ratu Salma biasanya punya aksen yang cantik. Seperti terlihat di beberapa kaftan yang dia kenakan. Kebanyakan dari busana yang dia pilih punya statement di bagian dada dan pinggang. Permata dan swaroski menjadi pelengkap busana tersebut.

Bahkan, saking selalu terlihat cantik saat menghadiri acara kenegaraan, founder dari Lalla Salma Foundation ini menjadi sorotan dunia. Tak hanya itu, dia juga dijuluki dengan “Tamu paling elegan” saat menghadiri pernikahan Pangeran William dan Catherine Middleton.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini