nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Untuk para Penyelam, Ingat Pesan Menteri Susi: Jangan Pakai Fin! Kecuali...

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Selasa 24 Oktober 2017 13:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 24 406 1801323 untuk-para-penyelam-ingat-pesan-menteri-susi-jangan-pakai-fin-kecuali-q1fY7pu9yK.jpg Menteri Susi Pudjiastuti (Foto: Twitter)

MENTERI Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti gemar memberikan pesan kepada nelayan. Namun baru-baru ini, Susi memberikan pesannya kepada para penyelam. Ada apa gerangan?

Rupanya, dalam kunjungan kerjanya ke Laut Banda, Kepulauan Maluku baru-baru ini, Susi melihat banyaknya terumbu karang yang rusak akibat fin (alat bantu renang berbentuk kaki katak) yang digunakan oleh para penyelam. Prihatin melihat keindahan bawah laut Banda terlihat hancur, Susi pun memberikan pesan kepada para penyelam agar tidak menggunakam fin.

(Baca juga: Classic Modern Jadi Inspirasi ETU di Jakarta Fashion Week 2018)

Dengan nada menahan geram, Susi mulai berbicara dalam video berdurasi 60 detik. Video tersebut kemudian diunggah oleh pengguna Instagram dengan akun @mr_praditya.

"Anda datang ke Laut Banda untuk melihat keindahan karang, ikan-ikan dan semua. Saya hari ini melihat bagaimana beberapa karang-karang itu yang cantik kotak-kotak dan hancur patah-patah karena diinjak oleh fin-fin Anda," ujar Susi di awal video.

(Baca juga: Hati-Hati, Ini Dampak Buruk Terlalu Banyak Minum Air Putih)

Karena kerusakan terumbu karang yang diakibatkan oleh fin, Susi memberi peringatan kepada para penyelam. Menurutnya, para penyelam yang berenang dan menyelam dalam jarak 50 meter dari pinggir karang semestinya tak menggunakan fin. Ia juga berpesan agar para penyelam tak malas berenang.

"Kalau anda divers tidak boleh malas berenang. Dan berenang itu bergerak, sehat. Yang pakai snorkel juga mestinya tidak perlu pakai fin. Anda bisa jalan, bisa berenang," lanjutnya.

(Baca juga: Terlihat Masih seperti Gadis, Ini Rahasia Awet Muda Jamie Chua Sosialita Berusia 44 Tahun)

Jika tidak, lanjut Susi, karang-karang yang cantik tersebut akan rusak dan hancur. Susi menyayangkan jika para penyelam terus memakai fin dan menginjak karang, maka keindahan itu tidak bertahan lama. Ia juga memberi pengecualian kepada para penyelam yang boleh menggunakam fin.

"Kalau tidak, nanti semua karang Anda rusak, semuanya. Sayang, nanti Anda tidak lagi lihat keindahan. Ya, fin itu tidak perlu. Kecuali Anda diving di bawah 20 meter. Tapi di atas 10 meter tidak perlu pakai fin," tutup Susi.

(Baca juga: Demi Masa Depan Lebih Sehat, Leonardo DiCaprio Investasikan Kekayannya untuk Burger Vegan)

Pesan menteri yang sering menjadi sorotan karena penampilannya ini pun kendapat respons baik dari netizen.

"Thx bu susi.... Biar lebih care dan saling mengingatkan. Menjaga keindahan laut kita" Tulis @tegerspsi.

"Hahahaha maafkan kita bu. Pasti semua pernah merasakan masih 10 meter udah pakai fin. Kita akan skap belajar baik bu" tulis pengguna akun @loviansinambela.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini