nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TERUNGKAP! Wisatawan Masa Kini Lebih Memilih Tempat Liburan Berdasarkan Likes di Instagram

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Rabu 25 Oktober 2017 04:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 24 406 1801654 terungkap-wisatawan-masa-kini-lebih-memilih-tempat-liburan-berdasarkan-likes-di-instagram-HF6LcAJHmJ.png Ilustrasi liburan (Foto: Bussines Insider)

PEMILIHAN tujuan berlibur seseorang dahulu didasarkan pada keindahan atau kepopulerannya. Namun saat ini, banyak orang yang memilih tujuan liburan mereka berdasarkan likes di Instagram.

Hal ini diumumkan dalam penelitian yang dilakukan baru-baru ini. Empat peneliti dari beberapa universitas di Amerika melakukan penelitian kepada 758 orang yang berencana bepergian ke Kuba tahun depan. Kemudian hasilnya dipunlikasikan dalam jurnal Tourism Management.

BACA JUGA:

Classic Modern Jadi Inspirasi ETU di Jakarta Fashion Week 2018

Hati-Hati, Ini Dampak Buruk Terlalu Banyak Minum Air Putih

Menurut penelitian tersebut, Kuba dipilih bukan karena baru menjalin hubungan baik dengan Amerika Serikat kembali atau membuat seseorang terlihat keren jika mengunjungi lebih dulu dari yang lain. Namun para traveller disurvei tentang bagaimana perasaan mereka tentang unggahan di media sosial yang mereka lihat dari orang lain yang sudah mengunjungi Kuba.

Kemudian mereka juga ditanya apakah mereka merasa iri atau berpikir bahwa unggahan orang lain lebih terlihat keren atau populer. Selanjutnya, mereka diberi pertanyaan untuk mengetahui motivasi sebenarnya dalam melakukan perjalanannya.

Hasilnya adalah bahwa jumlah umpan balik sosial positif yang dihasilkan oleh postingan perjalanan di media sosial memainkan peranan penting dalam memilih tujuan liburan. Dengan kata lain, sebuah foto yang diunggah di Instagram dapat menimbulkan niat seseorang untuk pergi ke tempat tersebut.

Hasil tersebut juga mengemukakan potensi umpan balik sosial memiliki pengaruh yang lebih besar pada traveller yang berencana melakukan perjalanan ke tempat tujuan di tahun depan daripada mereka yang berharap bisa pergi sekira 5 sampai 10 tahun ke depan.

BACA JUGA:

Terlihat Masih seperti Gadis, Ini Rahasia Awet Muda Jamie Chua Sosialita Berusia 44 Tahun

Demi Masa Depan Lebih Sehat, Leonardo DiCaprio Investasikan Kekayannya untuk Burger Vegan

Namun, para peneliti mengingatkan bahwa penelitian yang mereka lakukan hanya menggunakan satu tujuan untuk mengumpulkan data. Kendati demikian, bukan tidak mungkin bahwa media sosial memang benar-benar berpotensi memengaruhi seseorang untuk berlibur ke suatu tempat. Demikian dilansir dari Lonelyplanet, Rabu (25/10/2017).

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini