nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hati-Hati, Ini Dampak Buruk Terlalu Banyak Minum Air Putih

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 24 Oktober 2017 10:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 24 481 1801182 hati-hati-ini-dampak-buruk-terlalu-banyak-minum-air-putih-cPqzAjIO1P.jpg Ilustrasi (Foto: Asiaone)

SETIAP orang disarankan untuk tidak lupa minum air putih yang cukup. Tapi jangan sampai berlebihan, karena ternyata ada dampaknya.

Ya, minum air putih dalam sehari hanya disarankan tidak lebih dari 8 gelas untuk orang dewasa. Jika minum lebih dari itu, Anda berisiko mengalami dampak merugikan bagi tubuh.

Para ahli mengatakan, seseorang yang terlalu banyak minum air putih dapat menurunkan konsentrasi sodium dan elektrolit dalam tubuh. Bahkan, juga mengganggu natrium yang mengatur air dan menyebabkan pembengkakan sel di dalamnya.

Professor Sains Dr Tamara Hew-Butler dari Oakland University mengatakan, jika sel otak membengkak hingga lebih dari 10%, mungkin bisa mendorong batang otak tidak pada tempatnya. Hal ini bisa dialami oleh orang-orang yang mengalami overhidrasi tanpa dikontrol.

Lebih lanjut, Anda harus tahu dampak bila terlalu banyak minum air putih. Simak ulasannya berikut ini, dilansir Asiaone, Selasa (24/10/2017).

Gangguan ginjal

Minum banyak air putih dapat mengakibatkan Anda lebih banyak buang air kecil. Sehingga, ginjal tidak dapat mendapatkan asupan air yang cukup karena terus dibuang. Salah satu hal yang harus Anda lakukan yakni batasi minum air putih yang cukup dan jangan terlalu banyak konsumsi minuman manis.

Terbangun tengah malam

Anda juga akan sering terbangun tengah malam saat terlalu banyak minum air putih. Karenanya, Anda ingin selalu buang air kecil tanpa mengenal waktu. Karena itu, terutama di malam hari jangan terlalu banyak minum supaya kerja ginjal tetap normal.

Sakit kepala

Orang yang kebanyakan minum air putih bisa sebabkan sakit kepala. Jumlah natrium rendah darah Anda menghasilkan sel-sel yang membengkak, sehingga bisa menyebabkan gangguan otak. Sensasinya sangat berdenyut dan menyakitkan bila Anda banyak minum air dalam sehari.

Kram otot

Elektrolit adalah elemen penting dalam tubuh kita yang memungkinkan otot kita berkontraksi saat berolahraga. Jika Anda minum terlalu banyak air, kadar elektrolit dalam darah Anda turun. Maka dari itu, dampaknya menyebabkan seringnya kram otot atau kejang.

Kembung

Dampak dari terlalu banyak minum yaitu perut terasa kembung. Anda seharusnya menghindari supaya tidak mengalami dampak buruk itu. Apalagi kalau Anda minum banyak air putih sekali waktu, bisa ditandai dengan rasa mual karena merasa kekenyangan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini