Jangan Suka Menahan Bersin, Dampaknya Bisa Fatal!

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 24 Oktober 2017 11:34 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 24 481 1801239 jangan-suka-menahan-bersin-dampaknya-bisa-fatal-a4Mi7XsdE4.jpg Ilustrasi (Foto: Carbonatedtv)

KALAU ingin bersin sebaiknya jangan ditunda. Dampaknya bisa mengganggu tenggorokan yang menjadi gatal.

Sebenarnya bersin merupakan proses alami yang pasti dialami seseorang. Apalagi kalau menemui risiko alergen dari debu, tungau, dan lainnya.

(Baca juga: Demi Masa Depan Lebih Sehat, Leonardo DiCaprio Investasikan Kekayannya untuk Burger Vegan)

Saat bersin tanpa disadari mengganggu hidung dan tenggorokan. Jika Anda mencoba untuk mencegahnya, pasti menbuat orang tersebut tidak nyaman.

"Saya tidak menyarankan seseorang menahan bersin. Karena bisa menutup tenggorokan yang menjadi tidak nyaman," kata Ahli Bedah Kepala Leher dari Saint Louis University School of Medicine Alan Wild," dilansir Livescience, Selasa (24/10/2017).

(Baca juga: Terlihat Masih seperti Gadis, Ini Rahasia Awet Muda Jamie Chua Sosialita Berusia 44 Tahun)

Biasanya tanda orang menahan bersin yakni menggosok hidung dan menarik napas dengan kuat. Bahkan, orang juga akan menekan bibir bagian atas saat menahan bersin.

(Baca juga: Hati-Hati, Ini Dampak Buruk Terlalu Banyak Minum Air Putih)

Alasan seseorang untuk menahan bersin biasanya karena malu saat berada di lingkungan banyak orang. Lalu, mereka lebih memilih terpaksa tidak bersin pada saat itu.

"Begitu ingin bersin sebaiknya jangan ditahan. Lepaskan saja, karena bulu hidung mencoba untuk melawan alergen," tambah kata Wild.

(Baca juga: Classic Modern Jadi Inspirasi ETU di Jakarta Fashion Week 2018)

Padahal kasus menahan bersin bisa menyebabkan luka pada diafragma dan pembuluh darah. Biasanya juga menyebabkan memar di bagian tabung diafragma.

Tak hanya itu, gendang telinga juga bisa terganggu saat mencoba menahan bersin. Tentu hal ini dapat menyebabkan vertigo karena ada tekanan darah sesaat di otak.

"Risiko cedera rendah tapi Anda mungkin yang dikhawatirkan jangan menahan bersin," bebernya.

Lebih dari itu, dampak terlalu sering menahan bersin yakni menjadi sinus. Bagaimanapun Anda jangan mencoba menahan bersin, karena dampaknya bisa mengganggu kesehatan tanpa disadari.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini