nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Kematian Dini, Filipina Wajibkan Pekerja Kantoran Ambil Waktu Istirahat 5 Menit Setiap 2 Jam

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 24 Oktober 2017 16:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 24 481 1801458 cegah-kematian-dini-filipina-wajibkan-pekerja-kantoran-ambil-waktu-istirahat-5-menit-setiap-2-jam-PmHW7X39Oi.jpg Ilustrasi (Foto: Zeenews)

JIKA pekerjaan mengharuskan duduk berjam-jam, maka kemungkinan aktivitas fisik Anda akan sangat minim, dan lemak perlahan-lahan akan menumpuk. Apapun itu, banyak dari kita yang terlalu sibuk atau malas untuk jalan-jalan di tempat kerja selain pergi ke toilet.

Tapi, Filipina siap mengubahnya. Orang-orang di Filipina yang bekerja duduk selama berjam-jam di meja kerja di kantor, sekarang diharuskan beristirahat sejenak. Dalam hal ini maksudnya adalah berdiri dan berjalan-jalan di tempat kerja secara berkala.

(Baca juga: Classic Modern Jadi Inspirasi ETU di Jakarta Fashion Week 2018)

Aturan baru diperkenalkan oleh Departemen Tenaga Kerja dan Ketenagakerjaan Filipina pada 18 Oktober. Aturan tersebut akan berlaku efektif dalam 2 minggu. Media lokal melaporkan bahwa menurut peraturan baru, pekerja kantoran harus diberi istirahat 5 menit setiap 2 jam.

"Pengusaha harus mendorong pekerja untuk mengurangi kerja tanpa kerja dengan mengganggu waktu duduk dan mengganti dengan berdiri dan berjalan," Philstar Global mengutip Departemen Tenaga Kerja dan Ketenagakerjaan Filipina, dikutip Zeenews, Selasa (24/10/2017).

(Baca juga: Hati-Hati, Ini Dampak Buruk Terlalu Banyak Minum Air Putih)

The Phillippine Daily Inquirer mengutip perintah tersebut yang menyatakan bahwa pengusaha harus memastikan kantor dirancang secara tepat untuk pekerjaan. "Para pengusaha dapat mengambil tindakan lain utnuk mengatasi masalah keselamatan kerja dan kesehatan pekerja yang harus menghabiskan waktu berjam-jam untuk duduk di kantor," tambahnya.

(Baca juga: Terlihat Masih seperti Gadis, Ini Rahasia Awet Muda Jamie Chua Sosialita Berusia 44 Tahun)

Sejumlah penelitian dari waktu ke waktu menunjukkan, orang-orang yang memiliki pekerjaan duduk berjam-jam lebih rentan terhadap berbagai masalah kesehatan dibandingkan profesi lain. Masa duduk berkepanjangan meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, diabetes, berbagai jenis kanker, masalah punggung, tulang rapuh dan lain-lain. Bahkan, semau faktor tersebut dapat meningkatkan risiko kematian dini.

(Baca juga: Demi Masa Depan Lebih Sehat, Leonardo DiCaprio Investasikan Kekayannya untuk Burger Vegan)

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang duduk 2 jam tanpa peregangan atau bergerak (bangun dari kursi), memiliki tingkat kematian lebih tinggi daripada orang dewasa yang menghasilkan jumlah waktu duduk yang sama dalam gaya hidup sedentary lebih pendek.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini