nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Putus Asa! Pasien Kanker Payudara Stadium Nol Bisa Sembuh Total

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 24 Oktober 2017 21:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 24 481 1801676 jangan-putus-asa-pasien-kanker-payudara-stadium-nol-bisa-sembuh-total-PJrZ2kFSq1.jpg Kanker payudara (Foto: Consumer Affairs)

KANKER payudara merupakan salah satu penyebab kematian utama pada perempuan. Maka dari itu, perempuan diminta untuk selalu waspada terhadap penyakit ini dengan melakukan pemeriksaan sejak dini. Melalui gerakan SADARI (periksa payudara sendiri) dan SADANIS (periksa payudara klinis oleh tenaga kesehatan), diharapkan kanker bisa dideteksi lebih awal dan pengobatannya lebih cepat dilakukan.

Pengobatan kanker pada stadium awal tingkat keberhasilannya bisa mencapai 80% hingga 90%. Namun peluang akan semakin menurun seiring bertambahnya stadium. Terlebih pada stadium lanjut, kanker semakin sulit diobati. Tapi tahukah Anda bahwa ternyata terdapat kanker stadium nol. Kanker stadium ini bila diobati tingkat keberhasilan penyembuhannya bisa mencapai hampir 100%.

"Kanker itu bukan penyakit yang langsung menginfeksi seperti virus DBD. Kanker termasuk penyakit multiple hide. Paparan berulang dari virus memungkinkan terjadi kanker. Maka dari itu, kanker bisa menginfeksi beberapa tahun kemudian," papar dokter spesialis bedah onkologi Dr. dr Sonar Soni Panigoro, SpB.Onk (K), M.EPID saat ditemui dalam sebuah acara, Selasa (24/10/2017) di kawasan Jakarta Selatan.

Dr Sonar menjelaskan pada kanker stadium nol sudah dapat dilihat oleh mikroskop namun sel kankernya belum menembus membran sel. "Setiap sel yang ada di tubuh selalu dibungkus oleh selaput, termasuk sel kanker. Pada stadium nol, sel kanker yang masih berada di membran sel belum merambat ke mana-mana. Hal ini membuat pengobatannya lebih mudah dilakukan," ujar dr Sonar.

Sel kanker di stadium nol hampir mirip dengan tumor jinak. Langkah pengobatannya pun cukup hanya dengan operasi mengambil kantong selaput sel sehingga bisa sembuh sempurna. Namun beda cerita jika sel kanker sudah menembus membran, tingkat stadium akan bertambah sesuai dengan ukuran sel kanker yang berkembang.

Di luar negeri, hampir 20% kanker payudara berada di stadium nol. Berbeda dengan di Indonesia yang angka kasusnya masih jarang terjadi. Belum tentu dari 100 orang yang terkena kanker payudara, ada satu orang yang berada di stadium nol. Kebanyakan sudah ada di stadium awal.

Maka dari itu, dr Sonar menyarankan untuk rutin melakukan pemeriksaan. Apalagi pada kanker stadium nol pasien belum merasa ada keluhan dan benjolan belum teraba. Bila sudah begitu, pemeriksaan rutin yang bisa dilakukan adalah mammografi. Perempuan di usia menopause harus lebih sering melakukan pemeriksaan ini agar jika ditemukan sel kanker bisa langsung diatasi.

Proses peningkatan kanker stadium dari nol ke kanker stadium I membutuhkan waktu paling tidak lima tahun. Selain memeriksa benjolan, bisa juga diwaspadai jika keluar cairan dari puting.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini