Share

Keren! Oscar Lawalata akan Bawa Batik ke Pameran UNESCO di Paris

Utami Evi Riyani, Okezone · Rabu 25 Oktober 2017 17:11 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 25 194 1802241 keren-oscar-lawalata-akan-bawa-batik-ke-pameran-unesco-di-paris-4Y9zjsWbl5.jpg Batik Indonesia di Pameran UNESCO (Foto:Utami/Okezone)

 

KABAR membanggakan dari para perancang busana Tanah Air kian terdengar. Setelah Dian Pelangi memamerkan busananya dalam New York Fashion Week, kini giliran desainer Oscar Lawalata yang akan memamerkan busana rancangannya di Paris.

Rencana ini tidak main-main, sebab Oscar akan membawa misi khusus untuk mempromosikan batik dari berbagai aspek pada pameran di UNESCO Head Quarter Paris pada Juni 2018. Dengan menggagas Batik Foe The World untuk pameran tersebut, Oscar bersama salah satu bank milik pemerintah membuat kegiatan peduli batik yang mencakup aspek dari pembinaan para pengrajin, meningkatkan kualitas batik, hingga mempromosikannya kepada khalayak internasional.

Oscar sendiri mengaku tergugah menggagas Batik For The World untuk membuktikan kepada UNESCO bahwa penetapan batik sebagai warisan budaya adalah hal yang tepat. Hingga ia mengungkapkan keinginannya membawa batik ke pameran di Paris dan memperlihatkan kepeduliannya terhadap batik kepasa UNESCO.

BACA JUGA:

Hasil Penelitian! Bawang Merah Bisa Diolah Jadi Parfum, Bagaimana Aromanya Ya?

"Awalnya saya berpikir sejak diberi penganugeraan batik oleh UNESCO sekitar tahun 2009. Sejak itu kita belum memperlihatkan kembali kepada UNESCO bagaimana batik berkembang, baik secara industrinya atau pelestariannya," ungkap Oscar Lawalata dalam konferensi pers Batik For The World di Museum Bank Mandiri, Jakarta Barat, Rabu (25/10/2017).

Oscar mencoba meyakinkan kepada UNESCO bagaimana para pengrajin begitu melestarikan batik dan kepedulian terhadap banyak hal untuk mempertahankan batik. Atas usahanya itu, pihak UNESCO pun menerima pameran ini.

 

"Pameran ini kita tidak hanya memamerkan karya. Kita ingin juga memperlihatkan bagaimana kepedulian kita terhadap pengrajin batik. Kita mulai dari Jawa Timur. Melakukan pemetaan, di Ponorogo, Trenggalek, Kediri, Surabaya, Madura. Sudah kita lihat dan kurasikan," lanjut Oscar.

Untuk mempersiapkan pamerannya, Oscar telah bekerja sama dengan para pengrajin batik di beberapa daerah tersebut. Ia sendiri melihat batik telah berkembang pesat, baik dari industri maupun budayanya.

BACA JUGA:

Sssstt, Ini Bocoran Prediksi Tren Riasan 2018 dari Make-Up Artis Ternama Indonesia!

"Kita menguatkan diri pada budayanya, motif setiap daerah kita pelajari. Penggunaan warna-warna dan jenis kainnya. Mungkin batik dengan gaya modern sah-sah saja, tetapi akarnya harus dijaga," jelas kakak dari aktor Mario Lawalata ini.

Ia ingin menunjukkan kepada dunia bahwa batik yang dipakai secara eksklusif dan memiliki nilai yang tinggi dihasilkan oleh tangan-tangan dari masyarakat tradisional. Oscar juga akan membawa batik dengan beragam motif dan warna sesuai ciri khas daerah tertentu. Mulai dari batik Cirebon, Madura, hingga Trenggalek.

"Supaya orang tahu mengapa UNESCO memberikan penghargaan ke Indonesia. Habis itu kita perlihatkan kerajinan itu. Di Jawa Timur yang perlu digarisbawahi banyak menggunakan pewarnaan alam. Dan dunia concern kepada bahan ramah lingkungan," pungkas Oscar.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini