nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wow! Jumlah Remaja Indonesia 66,3 Juta Jiwa, Kekuatan atau Kelemahan?

Agregasi Antara, Jurnalis · Rabu 25 Oktober 2017 15:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 25 196 1802143 wow-jumlah-remaja-indonesia-66-3-juta-jiwa-kekuatan-atau-kelemahan-uKkezYmyxM.jpg

PADANG PANJANG – Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Surya Chandra Surapaty menyebutkan pada 2016, penduduk remaja berusia 10-24 tahun berjumlah 66,3 juta jiwa dari total penduduk sebesar 258,7 juta sehingga satu di antara empat penduduk adalah remaja.

Jumlah generasi milenial yang cukup besar tersebut merupakan potensi yang memerlukan pengelolaan secara terencana, terstruktur dan sistematis agar dapat bermanfaat menjadi modal pembangunan ke depan.

"Remaja saat ini akan menjadi bagian dari generasi emas Indonesia, generasi yang pada tahun 2045, saat Indonesia memasuki usia 100 tahun merdeka, akan berusia antara 35-45 tahun," ujar Surya di acara Apresiasi Duta Generasi Berencana (GenRe) dan Jambore Ajang Kreativitas Remaja (ADUJAK) tingkat nasional 2017 di Padang Panjang, Sumatera Barat.

(Baca Juga: AWAS! Bakteri Listeria Bisa Banyak Ditemukan di Sayuran Segar!)

Untuk itu, ujar Surya, membina remaja agar menjadi generasi emas melalui pembangunan karakter dalam pembangunan keluarga merupakan hal yang penting.

Tercatat sebanyak 878 remaja dari seluruh Indonesia mengikuti gelaran GenRe dan ADUJAK. Dalam kesempatan ini Surya mengaku senang dapat bertemu dengan Duta GenRe dan remaja dari seluruh provinsi di Indonesia.

(Baca Juga: Punya Jerawat di Miss V? Begini Cara Mengatasinya)

Ia berharap putra-putri terbaik dari daerah itu dapat menjadi motivator program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). "Saya mengharapkan kalian para remaja dapat menjadi motivator program KKBPK melalui kegiatan remaja di masing-masing daerahnya," kata Surya.

Melalui program GenRe, remaja dibina dan diarahkan untuk mampu menjalani masa transisi yang dirasa cukup rawan. Ia berpesan kepada para remaja itu agar mengikuti kegiatan dengan sportif serta menjunjung semangat revolusi mental. Ada pun acara akan berlangsung hingga Kamis (26/10) dan diakhiri dengan pemilihan Duta GenRe Nasional.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini