nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Kesalahan Sederhana di Dapur namun Fatal, Hentikan Sekarang Juga Yah Moms!

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 25 Oktober 2017 09:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 25 298 1801897 4-kesalahan-sederhana-di-dapur-namun-fatal-hentikan-sekarang-juga-yah-moms-c45DwxRyUJ.jpg Peralatan Dapur (Foto: Mashed)

DAPUR bukan hanya jadi tempat sekedar menyalakan kompor, memasak bahan makanan lalu menyajikannya. Ada ratusan hal penting yang harus diperhatikan saat mengolah masakan, termasuk menghindari segala kesalahan sederhana yang nyatanya masih sering dilakukan orang.

Dilansir dari Mashed, Rabu (25/10/2017) berikut 4 hal sederhana di dapur yang sering dianggap sepele padahal penting. Perhatikan apa saja hal tersebut dan jika termasuk kebiasaan Anda, segeralah hentikan mulai sekarang.

Memasak terlalu banyak makanan dalam wajan

Saat mulai memasak, perkirakan jumlah masakan dengan alat masak yang digunakan. Jangan memaksakan masak banyak bahan makanan dalam wajan atau panci yang ukurannya terlalu kecil. Jika dipaksakan, proses memasak akan berjalan dalam waktu yang lama, selain itu masakan juga tidak matang dengan merata. Belum lagi bumbu yang tidak tersebar keseluruh masakan. Alhasil, rasa masakan bisa saja tidak sesuai ekspektasi.

Jarang mengasah pisau

Bagi seorang yang setiap hari memasak, pisau memiliki peran yang sangat penting. Cepat atau lambatnya proses persiapan bahan ditentukan oleh ketajaman pisau, jika pisau jarang diasah, bukan hanya akan tumpul tapi juga bisa menjadi karatan. Jadi asahlah pisau secara berkala dan rawat sesuai cara yang benar, termasuk menyimpannya dalam tempat yang kering.

Membuang minyak ke saluran pembuangan

Anda tentu tahu jika air dan minyak tidak akan pernah bisa disatukan. Jadi jangan pernah membuang minyak sisa memasak ke saluran pembuangan air. Jika tetap melakukannya maka jangan sedih jika saluran pembuangan Anda akan mengalami gangguan seperti mampet bahkan hingga terjadinya korosi pada saluran air.

Kesalahan ketika mencuci piring

Alat cuci piring memang sudah berkembang sedemikian rupa tapi kadang orang terlalu memanfaatkan alat ini sehingga memasukkan semua alat makan hingga alat masak. Jangan pernah memasukkan alat masak berbahan kayu dalam mesin cuci piring karena kayu bisa patah ataupun melengkung. Demikian juga pada alat masak berbahan aluminium atau tembaga jika tak ingin alat masak rusak.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini