Maknyuss, Sate Kere 'Yu Ngatmi' Siap Goyang Lidah Tamu Pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution

Bramantyo, Jurnalis · Rabu 25 Oktober 2017 15:59 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 25 298 1802172 maknyuss-sate-kere-yu-ngatmi-siap-goyang-lidah-tamu-pernikahan-kahiyang-ayu-bobby-nasution-2I5XUZjBsA.jpg Sate kere akan disuguhkan di resepsi pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution (Foto:Grivy)

TAMU undangan pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution yang akan digelar di gedung Graha Saba Buana Solo, akan disuguhkan Sate Kere, sate khas kota Solo.

Sate kere yang awalnya hanya terbuat dari tempe gembus (sisa dari ampas tahu) dan tempe kedelai yang sebelumnya dibumbui terlebih dulu dengan cita rasa manis, gurih kemudian dibakar diatas bara api seperti sate daging pada umumnya.

Namun saat ini sate kere bukan hanya terbuat dari tempe saja namun juga ditambahkan daging sapi, kikil, iso (usus sapi) dan babat. Varian menu inilah yang akan menjadi salah satu menu yang akan disajikan saat resepsi.

BACA JUGA:

Terungkap Kenapa Kuku Kate Midleton Tidak Pernah Dicat Merah!

Tak tanggung-tanggung 4.000 porsi sate kere akan disajikan dalam resepsi sang putri Presiden. Jumlah tersebut dibagi untuk dua sesi yakni siang 2.000 porsi dan resepsi malam juga 2.000 porsi.

Satu porsi sate kere ini potongan lontong dan berisi tujuh tusuk sate yakni lima dari daging sapi, kikil, iso, dua tusuk sate kere yang terdiri dari tempe gembus dan tempe kedelai selanjutnya disiram dengan kuah kacang yang kental dan legit.

Sate kere yang makin moncer pamornya sebagai kuliner khas Solo ini dipesan di salah satu warung sate di kawasan Widuran Solo.

Pemiliknya adalah Ngatmi (65) karena itu nama warung sate kere Yu Ngatmi. Bahkan sate kere milik Ngatmi ini sudah disajikan saat pernikahan Gibran-Selvi Ananda pada 2015.

"Ini yang dapat pesenan adik saya, saya yang bikin. Dulu juga dipesan waktu Pak Jokowi mantu pertama kali," jelasnya, Rabu (25/10/2017).

Karena sate kere paling nikmat disajikan dalam keadaan hangat, maka Ngatmi akan membawa 10 orang tenaga yang akan membakar dan menyajikannya.

Tidak perlu lama waktu membakarnya, karena sate sudah dalam kondisi matang dan siap santap. Hanya tinggal membakar sebentar terus disiram kuah kacang sudah siap di santap.

BACA JUGA:

"Bersembunyi" di Pulau Lima Banten, Keindahan & Ketenangannya Tiada Dua!

"Paling nanti bawa 10 orang untuk bantu di sana (gedung resepsi-red). Wong cepet, semua sudah mateng tinggal bakar sebentar saja," jelas Ngatmi.

Sate kere milik Ngatmi juga sering dipesan untuk di bawa ke Jakarta, untuk pernikahan, syukuran juga ulang tahu.

Hampir 50 tahun lamanya Ngatmi berjualan sate kere. Dalam sehari rata-rata Ngatmi mampu menjual hingga 400-600 tusuk. Per porsi dijual seharga Rp25.000.

"Dulu jualnya masih kelilingan. Sekarang yo nggak kuat lagi, trus magrok (menetap) mriki," pungkas Ngatmi.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini