Share

Stop Sekarang Juga, 4 Kebiasaan Buruk Biasa Dilakukan di Dapur

Devi Setya Lestari, Okezone · Kamis 26 Oktober 2017 07:31 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 25 298 1802209 stop-sekarang-juga-4-kebiasaan-buruk-biasa-dilakukan-di-dapur-aYGXb09OIg.jpg Kesalahan memasak (Foto:Mashed)

DAPUR bukan hanya sekedar tempat memasak, tapi banyak hal yang berhubungan dengan dapur mulai dari bahan baku hingga berbagai kebiasaan memasak. Selain rahasia menghasilkan makanan enak, dapur juga menyimpan berbagai rahasia yang biasa jadi kebiasaan.

Beberapa kebiasaan di dapur termasuk dalam kategori positif namun tidak jarang ada juga kebiasaan buruk yang bahkan terus dilakukan seolah menjadi kebiasaan. Dilansir dari Mashed, Kamis (26/10/2017) berikut 4 kebiasaan buruk yang biasa dilakukan di dapur dan sebaiknya harus Anda tinggalkan sekarang juga.

BACA JUGA:

Maknyuss, Sate Kere 'Yu Ngatmi' Siap Goyang Lidah Tamu Pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution

Tidak melihat buku resep saat membuat kue

Membuat kue dan memasak adalah dua kegiatan yang sangat berbeda jauh. Ketika Anda hendak memasak, maka bisa saja mengandalkan feeling saat mencampur bahan dan bumbu. Lain halnya jika yang anda olah adalah kue. Berhenti menggunakan feeling saat akan membuat kue, kecuali Anda adalah seorang ahli yang setiap hari membuat kue. Perhatikan semua bahan dan takarannya dengan benar saat Anda akan membuat kue. Satu bahan salah timbang maka kue anda bisa jadi berantakan alias tidak jadi.

Tidak memanaskan wajan

Saat akan memulai masak, masak apapun itu. Pastikan Anda memanaskan wajan terlebih dulu sebelum memasukkan minyak dan bahan makanan. Jika nekat memasukkan makanan dalam panci yang masih dingin maka jangan sedih jika makanan menempel pada permukaan panci dan membuat tampilannya tidak sesuai bayangan. Cukup panaskan 1 sampai 2 menit sebelum memasukkan bahan makanan.

BACA JUGA:

"Bersembunyi" di Pulau Lima Banten, Keindahan & Ketenangannya Tiada Dua!

Menyimpan bahan makanan secara asal

Hanya karena menyimpan bahan makanan dalam suhu rendah membuat bahan makanan awet dalam jangka waktu yang lama, lantas membuat Anda memasukkan semua bahan makanan dalam lemari es. Hentikan kebiasaan ini. Kenali sifat setiap bahan makanan dan jangan menyimpan bahan makanan yang harusnya disimpan dalam suhu ruang. Beberapa bahan makanan seperti tomat, roti, kentang dan bawang putih sebaiknya disimpan dalam ruangan terbuka dengan sirkulasi yang baik, bukan dalam lemari es.

Tidak mencairkan daging beku

Menunggu daging beku mencairkan es batu mungkin hanya memakan waktu sekitar 10 menit. Apalagi jika daging yang digunakan tidak dalam jumlah sangat banyak. Nekat memasukkan daging beku dalam wajan panas sama saja merusak kualitas rasanya. Daging yang masih beku dan dipaksakan dimasak akan membuat tekstur juicynya hilang. Jadi bersabarlah menunggu sekitar 10 hingga 15 menit.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini