nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lebih Sehat, saatnya Ganti Nasi dengan Ubi! Simak Dulu Sederet Tips Mengolah Ubi

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 26 Oktober 2017 05:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 25 298 1802323 lebih-sehat-saatnya-ganti-nasi-dengan-ubi-simak-dulu-sederet-tips-mengolah-ubi-GrfCS7zFQT.jpg Ganti nasi dengan ubi (Foto:Thekitchen)

BERAS yang diolah menjadi nasi, memang merupakan makanan pokok kebanyakan orang Indonesia pada umumnya.

Di mana, nasi ini dikonsumsi sebagai salah satu sumber asupan karbohidrat sehari-hari. Jika sedang merasa bosan, biasanya orang-orang akan mengganti asupan nasi dengan sumber kabohidrat lainnya yakni mi ataupun kentang.

Well, padahal sumber karbohidrat lainnya yang bisa dijadikan pilihan alternatif masih ada loh! Yakni dengan memanfaatkan ubi manis atau sweet potato. Banyak cara pengolahan yang bisa dilakukan dalam memasak ubi sebagai sebuah sajian hidangan. Mulai dari digoreng, dibuat pie, dikukus, dibakar, ataupun dipanggang.

BACA JUGA:

Miris, Jajanan Anak di Sekolah Mengandung Tinggi Kalori, Gula, Garam & Lemak

Eits, tahan dulu! Sebelum mengolah ubi manis ini untuk menjadi sebuah menu masakan. Agar tidak keliru, perhatikan dulu kunci utama dalam mempersiapkan ubi di bawah ini.

1. Bilas : Seperti jenis kentang-kentang yang lain, sebelum mulai mengolah ubi untuk dimasak, disebutkan disarankan untuk dicuci dan dibilas bersih terlebih dahulu dengan air. Mengapa? Karena seperti kebanyakan jenis tumbuhan kentang pada umumnya, ubi tumbuh di area dasar tanah. Maka dari itu mencuci dan membilas ubi sampai benar-benar bersih, sebelum dikupas lalu diolah jadi masakan itu sangat penting untuk dilakukan.

2. Kupas dari akar : Dalam mengupas ubi, disebutkan lebih lanjut sebaiknya untuk mengupasnya secara seksama dari bagian ujung akar hingga ke ujung ubi. Gunakan alat khusus seperti serrated peeler alias alat pengupas bergerigi (jika ada), namun jika tidak ada maka alat pengupas biasa yang regular pun bisa digunakan untuk mengupas ubi dari akar hingga bagian ujung.

BACA JUGA:

Tepuk Tangan, Dokter Gigi Ini Berencana Beli Semua Permen yang Didapat Anak-Anak saat Halloween

3. Potongan stabil : Setelah dikupas, gulung ubi di atas talenan, lalu perhatikan apakah ada di satu sisi ubi tersebut yang ketika digulung terasa stabil? Jika tidak ada, maka potong ubi dari satu sisi, untuk menghasilkan potongan ubi yang bisa diletakkan stabil di dalam wadah punya dasar potongan yang rata.

4. Ukuran potongan : Saat memotong-motong ubi, potonglah ubi dengan cara memotong jarak dekat antara satu potongan dengan potongan lainnya agar memiliki ukuran yang serupa sama. Aplikasikan cara ini, baik ketika memotong ubi bentuk memanjang untuk digoreng, ataupun dipotong dengan bentuk bundar. Ukuran potongan yang sama, disebutkan akan membuat potongan-potongan ubi ini lebih mudah dimasak. Demikian sebagaimana disitat Thekitchn, Kamis (26/10/2017).

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini