nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sentuhan Kreativitas Tenun Palembang Bisa Jadi Item Fashion Etnik Penuh Filosofi

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Kamis 26 Oktober 2017 19:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 26 194 1802963 sentuhan-kreativitas-tenun-palembang-bisa-jadi-item-fashion-etnik-penuh-filosofi-E74kxMn5df.jpg Tenun Palembang (Foto: Devi/Okezone)

KEINDAHAN beragam tenun tradisional Indonesia memang bisa diacungi jempol. Setiap helai kain tradisional mengandung makna yang sangat mendalam, bukan hanya soal corak melainkan dari berbagai sisI mulai proses pembuatan hingga kisah klasik masyarakat di dalamya.

Seperti Happa, kolaborasi desainer muda Mel Ahyar dan Andien yang melirik tenun Palembang untuk dijadikan item fashion yang lebih bernilai. Lewat rangkaian karyanya yang diberi nama Tanggai, kedua desainer ini menggunakan tenun Palembang sebagai kain utama saat membuat item fashion koleksi signature resort 2018.

BACA JUGA:

Bisa Jadi Acuan Langkah Pencegahan, Ini 5 Fakta Menarik Kanker Payudara

Ini Loh Penyebab Stretch Mark di Paha & Betis, Juga Cara Mencegahnya

Item fashion ini menceritakan tentang keterbukaan dan akulturasi budaya Palembang. Tanggai sendiri merupakan tarian tradisional untuk mempersilahkan para tamu sebagai simbol ramah tamah dan penghormatan akan kehadiran para tamu. Biasanya tarian ini dihadirkan ketika sedang merayakan upacara adat.

Pada koleksi kali ini, akulturasi budaya nampak pada penggunaan beraneka bahan seperti kain blongsong yakni kain tradisional Palembang, yang dipadukan dengan linen, satin, polyster hingga jersey. Keunikan budaya dan keindahan pemandangan Palembang dapat terlihat dari pilihan prints seperti sungai dan ekosistem laut, wanita Palembang, guci dan kapal cina.

Selain itu ada beberapa detail seperti bordir 3D, manik-manik warna tembaga, lapis biru dan coral, sequin emas, lempeng kemasan bentuk bunga serta teknik piping. Beberapa tembaga emas ditambahkan untuk mempercantik koleksi yang tampil eye catching ini.

BACA JUGA:

Jelang Hari-H, Beredar Undangan Pernikahan Kahiyang dan Bobby versi Bahasa Inggris

SUNGGUH KREATIF!!! Labu Kuning Diukir Menjadi Sesuatu yang Bernilai Seni Tinggi, Bagaimana Bentuknya?

Dari belasan koleksi fashion ini memiliki warna-warni klasik khas kain Palembang yang tampil lebih menyala. Model yang digunakan juga lebih variatif mulai outer, mini dress hingga dress yang cantik dikenakan saat pergi ke pesta malam.

Dibuatnya koleksi fashion ini untuk membawa kembali cerita klasik tradisional yang mulai digempur arus modernisasi. Ada banyak kisah dibalik kain tradisional, selain cantik, kain ini juga mengandung kisah yang filosofis.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini