nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wisatawan Dilarang Ambil Foto di Menara Eiffel saat Malam Hari, Ini Alasannya!

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 26 Oktober 2017 19:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 26 406 1803067 wisatawan-dilarang-ambil-foto-di-menara-eiffel-saat-malam-hari-ini-alasannya-DeSL5sqmEZ.jpg Menara Eiffel (Foto: Metro)

BERLIBUR ke suatu negara mungkin bukanlah kesempatan yang bisa dinikmati berkali-kali oleh setiap orang. Maka tak heran jika banyak orang yang memanfaatkan waktu liburannya untuk mengambil foto sesering mungkin. Terutama saat mengunjungi obyek wisata yang populer. Hal itu dilakukan agar mereka tidak ketinggalan momen dan memiliki banyak cerita.

Tapi tahukah Anda, bahwa sebenarnya saat berlibur ke luar negeri orang tidak bisa sembarangan mengambil foto. Sebut saja jika berkunjung ke Paris. Di sana ada sebuah obyek wisata terkenal yang masuk dalam tujuh keajaiban dunia yaitu Menara Eiffel.

BACA JUGA:

Jelang Hari-H, Beredar Undangan Pernikahan Kahiyang dan Bobby versi Bahasa Inggris

SUNGGUH KREATIF!!! Labu Kuning Diukir Menjadi Sesuatu yang Bernilai Seni Tinggi, Bagaimana Bentuknya?

Ketika wisatawan mengunjungi ibukota Prancis itu, berfoto dengan latar belakang menara setinggi 300 meter itu seakan menjadi hal wajib. Sayangnya, kegiatan itu hanya bisa dilakukan pada siang hari saja.

Ya, mengutip dari berbagai sumber, Kamis (26/10/2017), mengambil foto di Menara Eiffel terutama saat pertunjukan lampu di malam hari adalah tindakan ilegal. Padahal di malam hari lampu menara yang berkilau dan berkedip selama lima menit setiap jamnya menawarkan sesuatu yang magis. Pertunjukan lampu biasanya dimulai sejak senja hingga pukul 1 pagi.

Selama waktu tersebut, wisatawan tidak diijinkan untuk mengambil, berbagi, menjual, atau menerbitkan foto dan video yang berlatar belakang kemegahan menara. Hal itu lantaran pertunjukan cahaya lampu di malam hari memiliki hak cipta sebagai karya seni dari pemerintah Perancis. Wisatawan yang ingin mengambil foto atau video di malam hari harus mendapatkan ijin dari Société d'Exploitation de la Tour Eiffel . Terlebih bila ingin membagikannya ke akun media sosial.

Peraturan ini memang terbilang tidak praktis. Sulit untuk mengontrol tingkah laku wisatawan yang datang berkunjung mengingat jumlahnya mencapai jutaan. Namun ada baiknya wisatawan menuruti peraturan ini agar tidak mendapatkan masalah di pengadilan.

BACA JUGA:

Bisa Jadi Acuan Langkah Pencegahan, Ini 5 Fakta Menarik Kanker Payudara

Ini Loh Penyebab Stretch Mark di Paha & Betis, Juga Cara Mencegahnya

Meskipun kasus ini belum pernah ditegakkan di pengadilan, tidak ada yang bisa menebak apa yang akan terjadi di masa depan. Bagi Anda yang ingin mengambil foto atau video berlatar belakang Menara Eiffel di malam hari dengan pertunjukan lampu, jangan lupa meminta ijin terlebih dahulu dan membayar biaya lisensi.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini